3 Cara Mengetahui Ahlak Seseorang dari Ummar Bin Khattab

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Sabtu 19 Desember 2020 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 330 2330243 3-cara-mengetahui-ahlak-seseorang-dari-ummar-bin-khattab-3HM7y3nSly.jpg Mau ahlak seseorang bisa dilihat dari pesan Ummar bin Khattab. (Foto:Okezone/Ist)

JAKARTA - Ahlak seseorang bisa diketahui tidak dalam waktu yang singkat. Dibutuhkan waktu tertentu, sehingga ahlak yang sesungguhnya akan terlihat.

Menurut Aa Gym, untuk mengetahui ahlak seseorang bisa mengacu kepada pesan Ummar Bin Khattab. "Jadi kalau baru sekali kenal, tidak bisa mengetahui ahlak seseorang dalam satu hari. Dari Ummar Bin Khattab (semoga Alloh memuliakannya), ada tiga cara untuk mengetahui akhlak seseorang," ujarnya, dalam akun Instagram Aa Gym.

Baca Juga: Imam Bukhari, Buta di Waktu Kecil tapi Mampu Hafal 300.000 Hadis

Pertama, ketika dalam perjalanan jauh (Shafar).

Ahlak seseorang akan nampak baik dalam keadaan susah senang. Aa Gym mencontohkan dalam perjalanan haji. Sewaktu mendaftar tidak akan nampak. Tetapi ketika sekamar, lama-kelamaan akan ketawan karakternya.

"Maka jangan mudah merekomendasikan seseorang sehingga kita jadi jalan keburukan bagi orang lain. 'O orang itu baik.', ternyata dia penipu dan tertipu. 'Oke saya nikah dengan dia karena dia orang baik', tunggu dulu," ujarnya.

Baca Juga: Doa Setelah Asar di Hari Jumat Mustajab, Ustaz Khalid Basalamah: Agar Nikmat Allah SWT Dipertahankan

Kedua, ketika berbisnis dengannya (Muamalah).

Selanjutnya adalah ketika berbisnis atau bermuamalah. Apakah mampu menghasilkan uang, dan kemudian pada saat bagi untung, nanti akan terlihat sifatnya baik keserakahannya, egois, dan kelicikannya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Pokoknya, kalau ada yang bersifat finansial atau keuntungan duniawi, nanti akan terlihat belum apa-apa ingin yang dominan, ingin yang dapat untung banyak. Ketika nanti bagi hasil, akan nampak sekali. Jadi hati-hati," jelas Aa Gym.

Ketiga, ketika diberi kepercayaan (Amanah).

Cara lain adalah, memberikan amanah kepada dia. Misalkan, antara lain ada yang pinjam motor, dititipkan barang, pinjam vakum cleaner, buku, barang-barang apapun, nanti akan ketahuan. Jika orang itu berakhlak baik, maka orang tersebut akan menjaganya dengan hati-hati, dengan amanah.

"Tapi ada orang janji pukul 07.00, eh dia datang jam 07.30 tanpa merasa bermasalah, lalai saja sesukanya. Jadi di situ akan nampak ahlak seseorang. Ini menurut Ummar bin Khatab," jelas Aa Gym.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya