Hina Kelompok yang Berbeda, Ternyata Dihitung Dosa Besar

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2020 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 22 613 2331988 hina-kelompok-yang-berbeda-ternyata-dihitung-dosa-besar-okS8fiViJQ.jpg Ketua PP Muhammadiyah Hajriyanto Y Thohari. (Foto:Okezone/Dok)

JAKARTA – Islam membenci perbuatan yang merendahkan manusia berdasarkan perbedaan golongan baik suku, agama, ras, maupun perbedaan preferensi dan tendensi politik.

Padahal Allah Subhana Wata'ala (SWT) mengutus Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam SAW membawa risalah perdamaian dan kasih sayang kepada seluruh umat manusia.

Baca Juga: Nikmati Murrotal Al-Qur'an Hanya di Okezone.com

“Semua di mata Allah dan di mata Islam sejajar. Enggak boleh menghina etnis China, enggak boleh menghina orang kulit hitam dari Afrika, enggak boleh menghina orang India yang gelap, ndak boleh menghina orang kulit putih, enggak boleh juga menghina orang Arab, lalu menyebutnya kadrun, apa itu, kadal gurun. Tidak boleh itu dosa besar,” ujar Ketua PP Muhammadiyah Hajriyanto Y Thohari dikutip dari laman Muhammadiyah.

Baca Juga: 3 Cara Qonaah Rezeki, Jangan Lihat ke Atas Tapi ke Bawah

Hal Itu disampaikan saat pengajian daring Hari Bermuhammadiyah Kabupaten Tegal. Hajriyanto juga berpesan bahwa sebaliknya, umat Islam juga tidak boleh memanggil kelompok lain dengan panggilan yang serupa terhadap kelompok lainnya.

Lebih jauh Duta Besar RI untuk Lebanon itu juga menyebut bahwa Islam tidak hanya melarang sikap rasialis, tapi juga sikap rendah diri terhadap suku dan golongan lain, termasuk keturunan tokoh agama.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

“Umat Islam itu rasional banget. Karena itu tidak perlu mengagungkan keturunan Ibrahim. Tapi dalam arti positif. Kita tidak boleh inferior, tapi juga tidak boleh superior,” pesannya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya