Jamaah Sholat Jumat Meluber hingga Luar Halaman Masjid, Sahkah Ibadahnya?

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 25 Desember 2020 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 24 330 2333498 jamaah-sholat-jumat-meluber-hingga-luar-halaman-masjid-sahkah-ibadahnya-Calb4M37bg.jpg Saat melaksanakan Sholat Jumat perhatikan tata cara sehingga ibadah menjadi sah. (Foto:Freepix)

JAKARTA - Sering kita jumpai Sholat Jumat hingga meluber ke halaman masjid, bahkan hingga keluar halaman masjid. Pertanyaanya apabila masjid sudah penuh, bolehkan Sholat Jumat di pelataran rumah warga atau di luar areal masjid

Berikut penjelasan Ustaz Farid Nu'man Hasan (Dai lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia). Apabila ada shaf jamaah lain yang menghubungkan antara antum dengan masjid maka boleh. Jika tidak (terhalang), maka tidak boleh.

Baca Juga: Ini 5 Pesan Perlu Diingat dalam Menasihati Wanita

Imam an-Nawawi rahimahullah mengatakan:

"Seandainya seseorang shalat di rumah atau semisalnya, dan Imam di masjid, dan di antara keduanya ada penghalang maka TIDAK SAH menurut kami ( Mazhab Syafi'yah ). Ini juga pendapat Imam Ahmad." (Al Majmu' Syarh al Muhadzdzab, 4/309)

Apa lagi jika kasusnya ada penghalang dan berjauhan, tentu itu lebih parah lagi. Ummul Mukmini Aisyah radhiyallahu 'anha berkata:

Baca Juga: Mau Meraskan Manisnya Iman, Cintai Saudaramu dengan Tulus

Kaum wanita shalat di ruang mereka. Maka, Aisyah berkata: "Janganlah mereka shalat bersama imam karena kalian terhalang oleh hijab/penghalang." (HR. Al-Baihaqi)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dalam Syarhul Mumti':

Pendapat yang rojih adalah Tidak Sah makmum di luar masjid kecuali shafnya bersambung, mesti ada dua syarat:

1. Mendengar takbir

2. Bersambungnya shaf (Syarhul Mumti’, 4/300)

Dalam Majmu' al-Fatawa:

Jika makmum di luar masjid padahal masjid luas maka bermakmum ke kepada imam yang di masjid adalah tidak sah. Baik dia melihat imam dan makmum atau tidak, sama saja. Wajin bagi mereka di tempat yang sama. (Majmu Al Fatawa, 15/213)

Mufti Jordan, Syaikh Nuh Ali Salman rahimahullah mengatakan:

Jika seseorang shalat di rumahnya, dia ikut imam di masjid maka itu boleh dengan syarat rumahnya berdempetan dengan masjid, agar busa diketahui intiqalnya imam yaitu ruku’nya, sujudnya, dan lain-lain. (Darul Ifta' No 2205)

Fatwa al-Lajnah ad-Daimah, ditanya tentang orang yang shalatnya di rumah, sedangkan imamnya di masjid:

Tidak sah sholatnya . Inilah pendapat Syafi'iyah dan Imam Ahmad, kecuali jika shafnya bersambung dengan rumahnya sehingga memungkinkan mengikuti imam dengan melihat dan mendengarkannya. Ini SAH. (Al Lajnah ad Daimah, 8/31) Wallahu A'lam. (Rusman H Siregar)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini