Haul 11 Tahun, Gus Dur Pernah Dagelan Jika Pakai Sepatu akan Bisulan

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Rabu 30 Desember 2020 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 614 2336525 haul-11-tahun-gus-dur-pernah-dagelan-jika-pakai-sepatu-akan-bisulan-1XpL9jDp8V.jpeg Almarhum KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. (Foto:Okezone/Dok)

JAKARTA - Keluarga KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menyelenggarakan peringatan wafatnya Sang Guru bangsa yang ke-11 atau yang biasa disebut haul Gus Dur pada hari ini.

Namun, pada tahun ini keluarga tidak mengadakan acara terpusat di kediaman Gus Dur di Ciganjur, melainkan secara online di tiga kota. Haul secara bersamaan diselenggarakan di Jakarta, Yogyakarta, dan Jombang.

Baca Juga: Putri Gus Dur: NU dan FPI Bagai Bumi dan Langit!

Menurut Putri ketiga Gus Dur, Anita Wahid, yang menjadi Ketua Pelaksana haul Gus Dur tahun ini, pemilihan ketiga kota itu terkait erat dengan sejarah hidup Gus Dur.

“Bapak lahir di Jombang, menjalani masa kecil di Jakarta, dan menghabiskan masa remajanya di Yogyakarta,” ujar Anita, dalam keterangan terulisnya, Rabu (30/12/2020).

Dengan bernostalgia, Anita ingin mengajak masyarakat belajar dari proses perjalanan hidup Gus Dur yang membentuknya menjadi seorang humanis.

Tema haul Gus Dur tahun ini adalah ‘Persatuan dan Solidaritas untuk 1 Negeri dan 1 Cinta’.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Humor Gus Dur

Jauh sebelum acara haul ini, Presiden RI ke-4, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur sempat ndagel atau bercanda. Dia meragukan dirinya menjadi pemimpin bangsa gara-gara kemampuannya memakai sepatu. Kok bisa?

Pada 1996, para kiai kompak bertanya tentang kesiapan Gus Dur menjadi presiden. "Wong pakai sepatu saja saya bubulen (bisulan), gimana bisa jadi presiden wong ke mana-mana pakai sandal," jawab Gus Dur.

Benar saja saat terpilih menjadi presiden pada 1998, seorang kiai mendekati Gus Dur dan bertanya, "Bagaimana Gus, sekarang sudah bisa pakai sepatu?"

Tentu saja Gus Dur sudah menyesuaikan diri dengan jabatan formalnya. Namun, hobi putra Menteri Agama era Presiden Soekarno, KH Wahid Hasyim ini untuk menghindari sepatu berhasil dimanfaatkan sang sahabat, KH Mustofa Bisri alias Gus Mus.

Diadaptasi dari buku Ger-Geran Bersama Gus Dur: Edisi Spesial Mengenang Gus Dur karya Hamid Basyaib (2010), saat berkunjung ke Istana Negara, kiai asal Rembang, Jawa Tengah ini sempat ditahan oleh Paspampres di pintu penjagaan. Pasalnya, ia memakai sandal. "Kalau saya dilarang masuk saya akan protes. Wong presidennya jarang pakai sepatu!" elak Gus Mus.

Para penjaga istana pun tak kuasa mengelak. Gus Mus diperkenankan masuk dan menemui Presiden Gus Dur.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya