Wasiat Umar Bin Abdul Aziz: Utang, Hina di Siang Hari dan Kesengsaraan Pada Malam

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2021 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 330 2343722 wasiat-umar-bin-abdul-aziz-utang-hina-di-siang-hari-dan-kesengsaraan-pada-malam-hceQ2oXAZi.jpg Utang diperlukan hanya saat keadaan darurat, bukan untuk gaya hidup. (Foto:Freepix)

JAKARTA- Tidak sedikit orang yang sulit membayar cicilan utang karena dampak wabah Covid-19. Namun, hal ini menyadarkan kita bahwa berutang itu apabila keadaannya darurat.

"Jangan sampai kita berutang karena gaya hidup. Jika ada uang, silahkan beli, apabila tidak ada, maka jangan beli dengan cicilan hutang, apalagi hutang riba, hidup qanaah apa adanya," ujar Ustaz dr. Raehanul Bahraen dalam pesannya dikutip pada Rabu (13/1/2021) dari HijrahApp.

Baca Juga: Semua Urusan Kacau, Bisa Jadi Efek dari Telat Sholat

Dia menjelaskan agar menjauhkan gengsi dan jangan terlalu banyak bergaul dengan orang-orang yang mendahulukan gengsi dan gaya hidup.

Inilah penyebab terbesar orang berutang yaitu teman-temannya yang semisal dan saling adu gengsi

Umar bin Abdul Aziz berkata:

“Aku wasiatkan kepada kalian agar tidak berutang, meskipun kalihan merasakan kesulitan, karena sesungguhnya utang adalah kehinaan di siang hari kesengsaraan di malam hari,” (Umar bin Abdul Aziz Ma’alim Al Ishlah wa At Tajdid, 2/71)

Bagi yang berutang semoga Anda dimudahkan melunasi cicilan, giat bekerja dan menabung serta diberikan rasa qanaah. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini