Warna Hijau Disebut dalam Al-Qur'an, Ternyata Nuansa Pakaian Surga

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Senin 18 Januari 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 614 2345176 warna-hijau-disebut-dalam-al-qur-an-ternyata-nuansa-pakaian-surga-ynPZakHuhw.jpg Warna hijau identik dengan nuansa Islam. (Foto:Freepix)

JAKARTA – Apa arti warna hijau dalam Islam? Warna ini identik dengan nuansa Islam. Bahkan, warna ini pun terdapat atau dituliskan di dalam Kitab Suci Al-Quran.

Warna hijau diceritakan dalam Al-Quran melaui firman-firman Allah Subhanahu Wata'ala (SWT):

"Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutra halus dan sutra tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah." (Al-Kahf: 31).

Kemudian dalam surat lainnya, "Mereka bertelekan pada bantal-bantal yang hijau dan permadani-permadani yang indah." (Ar-Rahman: 76).

Baca Juga: Kisah Nabi Sulaiman Hampir Saja Mengazab Burung Hud-Hud

"Mereka memakai pakaian sutra halus yang hijau dan sutra tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat dari perak, dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih." (Al- Insan: 21).

Dikutip dari "Buku Pintar Sains dalam Al-Qur'an" ditulis Nadiah Thayyarah dikutip pada Senin (18/1/2021) disebutkan,

Al-Quran mengambarkan pakaian ahli surga dengan warna hijau. Tentu saja warna hijau untuk ahli surga mengandung hikmah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Setelah melakukan berbagai percobaan untuk meneliti pengaruh warna terhadap kejiwaan seseorang, para ahli jiwa berhasil mengungkap bahwa satu-satunya warna yang dapat mendatangkan kebahagiaan pada diri sescorang adalah warna hijau.

Inilah yang menafsirkan hikmah Allah di balik penciptaan tumbuhan, pepohonan dan hutan dengan warna hijau. Oleh sebab itu, pakaian para ahli bedah dipilih berwarna hijau. Ketika akan dioperasi, pasien diharapkan dapat merasakan kebahagiaan saat melihat warna hijau.

Adapun pengaruh warna lain terhadap kehidupan manusia, ternyata warna kuning dapat mendorong sistem saraf. Oleh sebab itu, rambu-rambu jalan raya scbagian besar memakai warna kuning.

Warna ini memiliki gelombang yang lebih panjang daripada warna lainnya. Sedangkan warna ungu bisa mendatangkan ketenangan, warna biru membawa nuansa yang luas, lapang dan dingin. Sementara warna merah dan berbagai turunannya memberikan kehangatan. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran
Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini