Cara Syekh Ali Jaber Agar Cepat Menghafal Al-Qur'an

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Senin 18 Januari 2021 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 330 2346401 cara-syekh-ali-jaber-agar-cepat-menghafal-al-qur-an-qIb2n3Airr.jpg Syekh Ali Jaber saat memberikan cara bagaimana cepat menghafal Al-Qur'an. (Foto:Youtube)

JAKARTA- Susah menghafal Al-Qur'an? Syekh Ali Jaber memberi cara agar cepat dan mudah menghafal Al-Qur'an.

Almarhum Syekh Ali Jaber pernah menjelaskan metode menghafal Al-Qur'an tidak perlu membaca ayat yang akan dihafalkan dengan menggerakan mulut atau membaca di dalam hati.

Syekh kelahiran Madinah, Arab Saudi ini meminta saat membuka Al-Quran lalu pilih ayat mana yang belum hafal kemudian cukup mata yang melihat.

Baca Juga: Tayamum Pengganti Berwudhu Ini Tata Caranya

"Saat mata melihat ayat tadi, tidak perlu dibaca di dalam hati atau menggerakan mulut. Cukup mata saja yang melihat ayat tadi. Seperti memfotokopi," ujarnya saat kajian Daarut Tauhid, dalam tayangan Channel YouTube Media Dakwah Tauhid TV, dikutip Senin (18/1/2021).

Setelah beberapa saat melihat ayat tadi, lalu tutup mata kemudian bayangkan apakah tulisan ayat tadi muncul dalam pikiran. "Kalau tulisan ayat tadi muncul dalam pikiran maka menghafal Al-Quran mulai berhasil," bebernya.

Baca Juga: Cendekiawan Muslim Internasional Tawarkan Bantuan untuk Korban Gempa Majene-Mamuju

Jadi, kata dia, kalau mau menghafal Al-Qur'an tidak perlu baca di hati, tidak perlu menggerakan mulut tapi fokus mata melihat ayat seperti mau memfotokopi.Kalau dilakukan dengan membaca di dalam hati maka akan sulit dihafal dan akan gagal.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Perlu diingat, saat melihat ayat dalam Al-Qur'an maka mata sedang fokus dan ada perintah dalam otak untuk melihat gambar (tulisan ayat) sehingga tidak boleh diganggu dengan yang lain, seperti membaca di dalam hati. Dia menyarankan fokus melihat ayat, perhatikan ayat, jangan melihat yang lain.

Kemudian, perhatikan kalimat demi kalimat, tidak perlu dibaca dalam hati atau gerakan mulut, hanya mata melihat ayat saja.

Kalau sudah melihat ayat tadi, coba tutup mata kemudian apakah muncul ayat tadi dalam pikiran. Kalau muncul dalam pikiran berarti berhasil dan bisa lanjutkan ke ayat yang lain.

Mata manusia, lanjutnya diberikan Allah SWT memiliki kemampuan yang dahsyat."Jadi Metode ini sudah kami lakukan. Bahkan ada jamaah umur 57 tahun bisa hafal satu halaman. Memang awalnya agak sulit, namun dengan latihan terus bisa berhasil," ujarnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini