Dear Suami, Kebahagian Ada di Rumah Bukan di Luar

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 330 2347848 dear-suami-kebahagian-ada-di-rumah-bukan-di-luar-0gWcw3UdWb.jpg Kebahagian keluarga yakni saat berkumpulnya semua anggota keluarga. (Freepik)

JAKARTA- Apabila seseorang suami berpergian atau safar ke luar, hendaknya dia segera pulang ke rumah apabila segala urusannya telah selesai. Nasihat ini disampaikan Ustaz Raenul Bahraen dikutip dari akun Instagramnya pada Kamis (20/1/2021).

Dia menyebut suami agar cepat agar istri dan keluarga di rumah tidak lama menunggu. Istri juga butuh dengan suami dan anak-anak juga butuh dengan bapaknya

Hendaknya hal ini menjadi perhatian para suami dan ayah, karena terkadang ada oknum yang sering safar dan keluar rumah mencari kebahagiaan sendiri tanpa memperhatikan anak dan istrinya.

Baca Juga: Pernikahan dalam Islam, Upaya Menyempurnakan Separuh Agama

Terdapat hadis yang menjelaskan hal ini, di mana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 “Jika salah seorang dari kalian telah selesai dari tujuan/kebutuhan berpergiannya (safar), maka hendaknya dia kembali kepada keluarganya” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Lulusan Pondok Pesantren dan Madrasah Berpeluang Bisa Menjadi Anggota Polri

An-Nawawi rahimahullah menjelaskan hadis ini bahwa (segera) kembali ke rumah dan keluarganya itu agar dia tidak melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat ketika safar di luar. Beliau rahimahullah berkata:

“Maksud dari hadis ini adalah sunahnya menyegerakan kembali pulang ke keluarganya setelah menunaikan semua tugas (hajat). Hendaknya jangan menunda dengan melakukan hal yang bukan menjadi tugas (tujuan safar)” (Syarh Muslim, 13: 70).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sebenarnya kebahagiaan sejati itu di rumah bersama keluarga, istri, dan anak-anaknya. Seseorang yang tidak bahagia di rumahnya, maka dia akan sulit bahagia di luar rumah.

Sekiranya dia merasa bahagia, itu adalah kebahagiaan semu dan sebentar saja. Seorang muslim harus bahagia di rumahnya. Hal ini dijelaskan oleh Ibnu hajar Al-Atsqalani rahimahullah ketika menjelaskan hadis ini. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini