Menyingkap Misteri Sains, Semua Ada dalam Al-Qur'an

Iffa Naila Safira, Jurnalis · Sabtu 06 Februari 2021 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 05 330 2357280 menyingkap-misteri-sains-semua-ada-dalam-al-qur-an-ZTULbN14Ie.jpg Al-Qur'an adalah panduan hidup kaum Muslimin. (Foto:Freepix)

JAKARTA - Allah SWT memberikan fitrah manusia yang bersih dalam dirinya. Lalu melengkapinya dengan bakat dan pemahaman yang baik untuk mengetahui kenyataan besar di alam raya ini.

Sebagai manusia bisa mengungkap rahasia dan menentukan harus berbuat dan bersikap apa di alam ini.

Ilmu yang diperoleh manusia semestinya dapat membuahkan akidah akhlak dan pendalaman keimanan yang tulus kepada Allah. Keimanan merupakan kebutuhan fitrah, di samping kebutuhan akal manusia.

Ini disampaikan Prof. Dr. Ahmad Fuad Pasya dalam bukunya berjudul "Dimensi Sains Al-qur'an" dikutip Sabtu (6/2/2021).

Baca Juga:  UAS Pasangan Foto Unik, Netizen: Ini Foto Hoax Atau Bukan Ya?

"Dan (ingatlah) ketika Tuhan mu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman), "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab, "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi." (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan, "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)." (QS. Al-A'raf:172)

Manusia pada dasarnya tidak bisa lepas dari kebutuhan akal, karena telah ditanamkan dalam dirinya dan manusia juga diciptakan dengan fitrah yang harus menjaga akhlaknya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sebagai contoh, para ilmuwan akan mengatakan bahwa empat per lima permukaan lengkung bumi dipenuhi oleh air. Gaya gravitasi menahan kestabilan air di permukaan bumi agar tidak tumpah ke angkasa.

Akan tetapi, seorang ilmuwan mukmin tidak berhenti pada penafsiran ilmiah biasa. Ia akan menguji kebenaran temuannya dengan pandangan Al-Qur'an yang responsif terhadap penciptaan alam.

Dengan mata hatinya pula dia akan mencari petunjuk pada sumber, segala sebab akibat yang menempatkan air di bumi dan menahan gelombang agar tidak tumpah ke angkasa raya. (Iffa)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya