Kisah Wanita di Pinggir Kuburan Mengusir Nabi Muhammad SAW

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Rabu 03 Maret 2021 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 330 2371608 kisah-wanita-di-pinggir-kuburan-mengusir-nabi-muhammad-saw-htNUYkgR91.jpg Tempat Pemakaman Umum (TPU) Muslim Karet Bivak, Jakarta (Foto:Okezone)

JAKARTA - Ada kisah wanita di pinggir kuburan mengusir Nabi Muhammad SAW. Kisah ini sejatinya adalah penggalan bagaimana seharusnya sabar saat menghadapi musibah.

Imbalan sabar di awal musibah seperti keluarga yang meninggal dunia adalah pahala. Sabar menjadi kata yang tepat saat menghadapi kemalangan seperti keluarga ada yang meninggal dunia atau musibah lainnya.

Tapi bagaimana bentuk sabar itu dan hingga kapan bersabar. Banyak orang belum memahami bahwa dengan bersabar bukan hanya menahan perasaan, menahan hati yang hancur saat ada keluarga yang wafat semata saja. Tapi hikmah dari bersabar mengadung nilai pahala.

Baca Juga: Jenis-Jenis Rezeki, dengan Beristighfar pun Akan Mendapatkanya

Namun patut diingat sabar ketika di awal musibah dan inilah yang dinamakan sabar sebenarnya. Adapun sabar sesudahnya adalah cuma sekedar hiburan saja.

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal menyebutkan, adapun jika seseorang menghadapi musibah, langsung dengan amarah dan tidak ridho pada takdir Allah, namun setelah itu dia menahan diri dan bersabar karena mungkin mendapatkan nasehat atau yang lainnya, maka ini bukanlah sabar yang sebenarnya. Kita dapat melihat hal ini dalam kisah seorang wanita bersama Nabi kita shallallahu alaihi wa sallam.

Baca Juga: Waktu Sedekah Terbaik, Simak Nasihat Ini hingga Tuntas

Dari Anas bin Malik, beliau berkata, 

مَرَّ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – بِامْرَأَةٍ تَبْكِى عِنْدَ قَبْرٍ فَقَالَ « اتَّقِى اللَّهَ وَاصْبِرِى » . قَالَتْ إِلَيْكَ عَنِّى ، فَإِنَّكَ لَمْ تُصَبْ بِمُصِيبَتِى ، وَلَمْ تَعْرِفْهُ . فَقِيلَ لَهَا إِنَّهُ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – . فَأَتَتْ بَابَ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – فَلَمْ تَجِدْ عِنْدَهُ بَوَّابِينَ فَقَالَتْ لَمْ أَعْرِفْكَ . فَقَالَ « إِنَّمَا الصَّبْرُ عِنْدَ الصَّدْمَةِ الأُولَى »

”Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melewati seorang wanita yang sedang menangis di sisi kuburan. Lalu beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Bertakwalah pada Allah dan bersabarlah.” Kemudian wanita itu berkata,”Menjauhlah dariku. Sesungguhnya engkau belum pernah merasakan musibahku dan belum mengetahuinya.” Kemudian ada yang mengatakan pada wanita itu bahwa orang yang berkata tadi adalah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian wanita tersebut mendatangi pintu (rumah) Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian dia tidak mendapati seorang yang menghalangi dia masuk pada rumah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian wanita ini berkata,”Aku belum mengenalmu.” Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ”Sesungguhnya namanya sabar adalah ketika di awal musibah.” (HR. Bukhari, no. 1283)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Semoga Allah memberikan kita taufik dan hidayah untuk selalu ridho dengan takdir Allah yang kita rasa itu pahit. Semoga Allah juga selalu memberikan kita kemudahan untuk bersabar di awal-awal musibah, walaupun itu mungkin terasa berat. Jika seseorang memiliki keyakinan yang mantap pada Allah dan meyakini ada hikmah yang besar di balik setiap musibah, tentu dia akan memilih untuk bersabar," ujarnya sebagaimana dikutip laman Rumasyo, Rabu (3/3/2021).

Amin Yaa Mujibas Saailin. Alhamdulillahilladzi bi nimatihi tatimmush sholihaat. Wa shallallahu ala nabiyyina Muhammad wa ala alihi wa shohbihi wa sallam. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya