Mandi Hujan Itu Sunah Rasulullah SAW

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Senin 08 Maret 2021 15:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 08 330 2374317 mandi-hujan-itu-sunnah-rasulullah-kWwZZBEHp2.jpg Hujan yang turun adalah berkah dari Allah Ta'ala. (Foto: Okezone/Arief Julianto)

JAKARTA - Mandi hujan sunah Rasulullah SAW artinya Beliau SAW pernah melakukannya.Hujan adalah tetesan air yang turun dari langit menjadi sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup dari Allah Ta'ala.

Dikutip dari akun instagram dr Ustaz Raenul Bahraen pada Senin (8/3/2021) disebutkan; namun Rasulullah pun pernah menikmati mandi hujan.

Baca Juga: 64 Nama Bayi Perempuan Berdasarkan Urutan Huruf Hijaiyah

Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, hujan turun membasahi kami (para Sahabat) dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa alihi wasallam. Maka Rasululullah shallallahu ‘alaihi wa alihi wasallam membuka bajunya sehingga hujan mengguyur beliau, maka kami bertanya, “Wahai Rasulullah untuk apa engkau berbuat seperti ini?”, beliau menjawab: 

لِأَنَّهُ حَدِيثُ عَهْدٍ بِرَبِّهِ تَعَالَى

“Karena sesungguhnya hujan ini baru saja Allah ta’?la ciptakan.” (HR Muslim 1494)

Mereka memahaminya dengan termasuk sunnah mandi air hujan kemudian berbasah-bahasan. Maka yang benar sebagaimana penjelasan ulama bahwa maksud hadis adalah menyentuhkan atau meyingkap beberapa anggota badan dengan air hujan ketika pertama kali hujan turun.

Baca Juga: Ini Doa Malaikat bagi Orang Berwudhu Sebelum Tidur

Usai menulis unggahan itu, beragam komentar dari followers pun muncul. Berikut di antaranya:

@sholehah.istiqomah: Syukron ustadz, jazaakallahu khoyron.. ana baru tw Sunnah ini.. biasanya klo hujan membaca doa Allahumma shoyyiban nafi'an..

@advissatria: Afwan ustadz, mindset org² klo kena hujan bisa bikin sakit, krn hujan menaikkan partikel² termasuk virus. Apa ini benar dr sisi medis & ilmu kesehatan? Mohon pencerahnnya, jazakallah khair

@yourlil.lily: Dok, tetangga saya mandi hujan khusus bila hujannya turun di hari Jumat. Air berkah katanya. Itu gimana dok? Mohon pencerahannya dan terima kasih @raehanul_bahraen. 


Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya