Share

Memakmurkan Masjid Jadi Momentum Isra Miraj

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Jum'at 12 Maret 2021 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 614 2376601 memakmurkan-masjid-jadi-momentum-isra-miraj-S5OXF2gTq0.jpg Memakmurkan masjid. (Foto:Freepik)

JAKARTA - Memakmurkan masjid menjadi momentum dalam peringatan Isra Miraj 2021. Umat Islam diajak untuk kembali bergairah memakmurkan masjid sebagai pusat peradaban, dan perkembangan ilmu pengetahuan.

"Pesan utama peristiwa Isra dan Miraj ialah agar menegakkan shalat, memakmurkan masjid, dan menguasai ilmu pengetahuan untuk kesejahteraan umat manusia," ungkap Sekretaris Ditjen Bimas Islam, M. Fuad Nasar dalam pesannya yang diterima Jumat (12/3/2021)

Fuad memaparkan peristiwa Isra dan Mikra yang terjadi pada abad ke-7 Masehi telah membuka horison perkembangan ilmu sejarah, fisika, antariksa, dan psikologi. Bahkan menurutnya, peristiwa ini juga menginspirasi terbentuknya imajinasi penerbangan dan misi luar angkasa serta penemuan teknologi untuk mewujudkannya.

Baca Juga: Buraq Kendaraan Isra Miraj, seperti yang Dideskripsikan Nabi Muhammad SAW

"Seorang ilmuwan muslim bernama Abbas ibnu Firnas, penemu pembuatan konstruksi alat terbang bersayap menyerupai burung dan berhasil menerbangkannya di Cordoba, Spanyol pada abad ke-9. Ia terinspirasi dari kisah peristiwa Isra dan Miraj," imbuhnya.

Fuad menambahkan masjid melambangkan kesucian hati, pikiran dan perbuatan, sehingga harus dijaga dalam setiap gerak dan langkah setiap muslim dalam melakukan peran apa pun dan di mana pun.

 "Sejalan dengan prinsip dari masjid ke masjid, segala aktivitas kita harus dimulai dengan niat yang suci, dijalani secara baik dan benar serta tetap menjaga kesucian niat dari awal hingga akhir," tutupnya. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini