Cara Menyempurnakan Ibadah Ramadhan, Begini Penjelasannya

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Rabu 14 April 2021 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 614 2394362 cara-menyempurnakan-ibadah-ramadhan-begini-penjelasannya-hJZCF6GTzz.jpg Bantuan zakat, infak, sedekah di Bulan Ramadhan. (Foto: Muhammadiyah)

JAKARTA - Ramadhan bulan suci penuh berkah. Di dalamnya terdapat energi positif untuk meningkatkan spiritual umat dalam melaksanakan berbagai kegiatan sosial dan ibadah.

Sehingga menjadi momen bagi siapapun untuk berlomba mendapat keberkahan yang berlipat ganda dari Allah SWT.

Keberkahan Ramadhan digunakan oleh mayoritas kaum muslimin untuk berbondong-bondong menunaikan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) agar mendapatkan kesucian yang sempurna.

Baca Juga: Bertrand Antolin Bantu Salurkan Mushaf Al-Qur'an, Netizen Doakan Dapat Hidayah

Dengan demikian momentum Ramadhan menjadi penting bagi Lazismu untuk mengumpulkan dan menyalurkan dana program ZIS kepada yang berhak menerimanya dalam rangka peningkatan pemberdayaan umat yang berkelanjutan.

Pada momen Ramadhan 1442 H inilah, saatnya memaksimalkan penghimpunan zakat, infak, dan sedekah untuk pemberdayaan umat. Tujuannya agar masyarakat bangkit dari berbagai keterpurukan yang sedang melanda Indonesia.

Ketua Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Hilman Latief, M.A., Ph.D. menyebut bahwa salah satu latar belakang diambilnya tema tersebut adalah kondisi psikologi, sosial, dan ekonomi bangsa Indonesia.

Baca Juga: Dzikir Setelah Solat, Manfaatnya Bak Membangun Benteng Iman

“Satu tahun terakhir Indonesia mengalami penurunan akibat pandemi dengan dampaknya yang begitu luas. Ramadhan tahun lalu, hampir semua kalangan diliputi oleh rasa ketakutan dan kekhawatiran,” kata Prof. Hilman Latief, M.A., Ph.D.

Hilman berharap pada Ramadhan tahun ini, masyarakat bisa bangkit dan menghadapi pandemi dengan rasa optimis. Selain itu, ia juga berharap dampak sosial ekonomi akibat pandemi bisa diatasi melalui bulan Ramadhan.

Sementara itu, dikatakan Direktur Penghimpunan Lazismu Pusat, Edi Muktiono, Lazismu di bulan Ramadhan memiliki tiga program utama. Adapun, program karitas bertujuan untuk memberikan semangat kepada para penerima manfaat agar tetap optimis dalam menatap masa depan. Edi juga berharap kegiatan di atas bisa memberikan rasa optimisme dalam menyambut Bulan Ramadhan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya