Waspadai Setan Khinzib, Tugasnya Bikin Orang Sholat Gagal Fokus

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Kamis 15 April 2021 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 330 2395001 waspadai-setan-khinzib-tugasnya-bikin-orang-sholat-gagal-fokus-abVRaftnhE.jpg Setan Khinzib selalu mengganggu konsentrasi seseorang yang sedang sholat. (Foto: Ilustrasi/Freepik)

JAKARTA - Setan Khinzib pelaku utama yang mengganggu seseorang yang sedang sholat. Bahkan akibat godaan itu, sampai lupa berapa rakaat yang sudah dilakukan.

Setan Khinzib ini juga mengganggu pikiran orang yang sedang sholat. Saat sholat terkadang berseliweran pikiran macam-macam.

Baca Juga: Dulu Menganut Sekuler, Kaiji Wada Dapat Hidayah Jadi Mualaf Saat Pertukaran Pelajar

Apakah yang harus dilakukan untuk mendapatkan sholat yang khusyuk, dan menghilangkan pikiran-pikiran yang mengganggu tersebut?

Ustaz Ammi Nur Baits dalam pesannya dikutip pada Kamis (15/4/2021) menyebutkan, di dalam sholat terkadang berseliweran pikiran-pikiran sehingga mengurangi konsentrasi sholat. Apakah yang harus dilakukan untuk mendapatkan sholat yang khusyuk, dan menghilangkan pikiran-pikiran yang mengganggu tersebut?

 Kasus semacam ini pernah dialami oleh salah seorang sahabat, yaitu Utsman bin Abil ‘Ash radhiallahu ‘anhu. Beliau datang kepada Nabi Muhammad SAW mengadukan gangguan yang dia alami ketika sholat. Kemudian beliau SAW bersabda:

Baca Juga: Puasa Ramadhan Tapi Tidak Sholat, Ternyata Masuk Kategori Murtad

“Itu adalah setan. Namanya Khinzib. Jika kamu merasa diganggu, mintalah perlindungan kepada Allah dari gangguannya dan meludahlah ke kiri tiga kali.” ujarnya

Kata Utsman, “Aku pun melakukannya, kemudian Allah menghilangkan gangguan itu dariku.” (HR. Muslim, no. 2203)

Dalam hadis di atas Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada kita dua cara untuk menghilangkan gangguan setan dalam sholat yakni:

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

1. Memohon perlindungan kepada Allah dengan membaca ta’awudz (A’udzu billahi minas syaithanir rajim). Bacaan ini dilafalkan, bukan di batin. Ini hukumnya diperbolehkan dan tidak membatalkan sholat.

2. Meludah ringan ke kiri dengan cara meniupkan udara yang mengandung sedikit air ludah. Ini diperbolehkan, dengan syarat tidak mengganggu orang yang berada di sebelah kirinya dan tidak mengotori masjid. Allahu a’lam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya