Ponpes Ini Gedungnya Berarsitektur Mirip Masjid Laksamana Cheng Ho

Moh. Zeni Johadi, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 614 2397696 ponpes-ini-gedungnya-berarsitektur-mirip-masjid-laksamana-cheng-ho-soHAV8e65r.jpg Pondok Pesantren Ar Rahmat. (Foto: M Zeni Johadi)

MAJALENGKA - Gedung Pondok Pesantren (Ponpes) Ar Rahmat ini berbeda dengan bangun pesantren lainnya. Ponpes yang terletak di Majalengka, Jawa Barat ini memilik arsitektur bangunan seperti Masjid Laksamana Cheng Ho di Surabaya.

Selain bentuknya, warna cat dinding dan genteng berwarna merah hijau layaknya Klenteng, membuat ponpes ini yang pertama meniru Masjid Laksamana Cheng Ho.

Pondok Pesantren Ar Rahmat dibangun pada 2005 lalu di Desa Weragati Kecamatan Palasah merupakan yang pertama meniru arsitektur bangunan Masjid Laksamana Cheng Ho.

Baca Juga: Masjid Berbentuk Replika Kakbah di Subang Jadi Obat Rindu ke Makkah

Ponpes Ar Rahmat sengaja menerapkan arsitektur bergaya China yang memiliki simbol toleransi.

Gedung Tahfidz Quran di ponpes itu paling kuat arsitektur China berdiri kokoh berhadapan dengan Masjid Ar Rahmat yang memiliki arsitektur modern.

Menurut Nana Cahana, pengurus ponpes menjelakan bahwa Ponpes Ar Rahmat menerapkan arsitektur China sesuai keinginan pemiliknya agar kelak santrinya bisa meniru Laksamana Cheng Ho yang memiliki simbol toleransi dengan yang lain. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya