Adik Mendiang Syekh Ali Jaber Ditanya 'Kok Bajunya Enggak Ganti-Ganti?'

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 614 2398070 adik-mendiang-syekh-ali-jaber-ditanya-kok-bajunya-enggak-ganti-ganti-Z6pvoVZxKp.jpg

JAKARTA - Syekh Muhammad Jaber adik kandung mendiang Syekh Ali Jaber kerap memberikan ceramah dan melakukan Sholat Tarawih berjamaah. Namun, ada komentar menggelitik yang kerap dilontarkan seorang temannya mengenai penampilan Syekh Muhammad Jaber.

Ceritanya berawal saat Syekh Muhammad Jaber ditanya oleh seorang temannya. "Ada teman yang bertanya, 'Syekh kok bajunya satu gak ganti ganti?'," ujarnya seperti dikutip dari akun Instagram, Rabu (21/4/2021).

Mendapati pertanyaan itu, dia pun tertawa. Dia menjelaskan, bahwa dirinya selau ganti baju. Tapi motif dan warna bajunya bernuansa putih sehingga seolah tidak ganti baju.

Baca Juga: Masjid Berbentuk Replika Kakbah di Subang Jadi Obat Rindu ke Makkah

"Ganti dong, tapi enggk kelihatan karena rata-rata putih semua, dan ada beberapa motif juga, Alhamdulillah," ujarnya.

Pada postingan Instagramnya, Syekh Muhammad Jaber memajang lemari pakaian yang berisi baju bernuansa putih semua. "Ini persiapan saya di bulan Ramadhan, amunisi saya untuk ceramah dan sholat terawih," ujarnya.

Terkait baju selama Ramadhan, Ustad Syekh Muhammad Jaber mengungkapkan Nabi Muhammad SAW mempersiapkan hal yang spesial dalam hal berpakaian.

Menurutnya, sebagaimana para salafusshaleh ketika datang bulan Ramadhan mereka setiap hari memakai pakaian yang terbaik.

Baca Juga: Ramadhan Membuat Ustaz Tengku Zulkarnain Rindu Ibu

"Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk berpakaian yang terbaik, memakai baju terbaik, sandal terbaik," ujarnya seperti dikutip dari Instagramnya.

Sebagaimana sabda Rasulullah :

“Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji dzarroh.” Ada seseorang yang bertanya, 'Bagaimana dengan seorang yang suka memakai baju dan sandal yang bagus?' Beliau menjawab, “Sesungguhnya Allah itu Maha Indah dan menyukai keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.“ (HR. Muslim).

Jadi, lanjutnya, menggunakan pakaian paling bagus, bersih, rapi, terbaik, itu bukan bagian dari kesombongan. Itu adalah bukti kecintaan kita terhadap Allah karena kita menghadap Allah dengan keadaan bersih, rapi, dan wangi.

"Semoga Allah menerima amalan-amalan kita di bulan Ramadhan. Aamiin," tutupnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya