THR Sudah Langsung Boros? Nah Ini Kiat Mengelola THR

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 12 Mei 2021 03:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 12 614 2409295 thr-sudah-langsung-boros-nah-ini-kiat-mengelola-thr-IdIY10YDFE.jpg Kiat mengelola THR oleh Ustaz Herman Budianto. (Foto: Dompet Dhuafa)

JAKARTA – Sahabat muslim yang dimuliakan oleh Allah SWT, begitu besar nikmat yang diberikan oleh Allah SWT hingga kita tak sanggup untuk menghitung nikmat yang diberikan oleh Nya. Salah satu nikmat yang Allah SWT berikan adalah bulan ramadan sebagai bulan yang barokah.

Di dalam bulan ramadan begitu banyak kenikmatan-kenikmatan, salah satunya adalah berkahnya perekonomian dalam kehidupan kita. Rasulullah SAW bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Huzaimah “Bahwa di bulan ramadan itu akan menimbulkan bertambahnya rezeki orang-orang muslim”.

Ustaz Herman Budianto selaku GM Budaya & Pendidikan-Dompet Dhuafa mengatakan, bisa dilihat sekarang, pada bulan ramadan diberikan tambahan barokah oleh Allah SWT. Salah satu tandanya adalah bisa mendapatkan nikmatnya uang THR (Tunai Hari Raya) walaupun tidak semuanya, bisa mendapatkan keuntungan-keuntungan dari usaha-usaha yang dijalankan pada bulan ramadan seperti berjualan takjil, dan lain sebagainya.

"Untuk mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, maka kita harus memiliki cara. Jangan sampai kita menjadi orang-orang yang tidak bersyukur kepada Allah SWT. Bila kita bersyukur kepada Allah, maka Allah akan menambahkan rezeki kita. Apabila kita kufur, maka sungguh siksa Allah itu sangat pedih," katanya, Senin (10/05/2021)

Dalam sebuah atsar disebutkan, sahabat Rasulullah SAW bertanya kepada Rasul, “Ya Rasul, ketika saya mendapatkan tambahan-tambahan rezeki maka apa yang harus saya lakukan?” Kemudian Rasulullah SAW menjawab “bagilah rezekimu itu menjadi 3, 1/3 engkau sedekahkan, 1/3 engkau gunakan untuk keperluan keluargamu, dan 1/3 engkau simpan untuk investasi”.

Maka ini menjadi sebuah strategi dalam mengelola THR ataupun tambahan-tambahan harta yang kita dapatkan dari Allah SWT. Ketika kita mendapatkan THR, maka jangan semuanya kita habiskan untuk acara-acara konsumtif seperti beli baju dan sebagainya.

Sahabat muslim yang dimuliakan oleh Allah SWT, jadikan ini sebagai rahmat serta penambah kebahagiaan untuk kita, keluarga, dan seluruh umat manusia. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kehidupan di dunia dan akhirat..

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya