Keistimewaan Taubat

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 14 Mei 2021 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 13 330 2409959 keistimewaan-taubat-a0MuMVTIJQ.jpg Keutamaan bertaubat. (Foto: Dompet Dhuafa)

JAKARTA - Sesungguhnya keistimewaan orang-orang yang bertaubat itu dekat dengan Allah SWT. Walaupun kelam dan buruk masa lalunya, orang-orang yang taubat sangat dicintai Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam Q.S Al-Baqarah ayat 222 :

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

Artinya : Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.

"Siapapun kita, bagaimanapun masa lalu kita, jika kita bertaubat maka Allah SWT akan mencintai kita," kata Ustaz Zuni dari Dompet Dhuafa.  Dalam hadits riwayat Imam Bukhori, ketika seorang yang pernah membunuh 99 orang, bahkan ditambah seorang ulama dari kalangan yahudi. Tapi dia bertaubat dan ditengah perjalanan dia wafat sehingga para malaikat berebut menjemputnya. Sejatinya orang yang bertaubat seperti orang yang tidak punya dosa.

Allah berfirman dalam Q.S Al-Furqon ayat 70 :

إِلَّا مَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ عَمَلًا صَالِحًا فَأُولَٰئِكَ يُبَدِّلُ اللَّهُ سَيِّئَاتِهِمْ حَسَنَاتٍ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Artinya : kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Orang yang sirik, berzina, dan membunuh akan mendapatkan dosa yang besar. Tetapi Allah SWT membuat pengecualian, kecuali orang yang bertaubat, dia beriman dan mau beramal soleh. Maka siapapun anda, dimanapun anda berada, kalau kalian beriman maka bertaubatlah kepada Allah SWT dengan sebenar-benarnya taubat. Jaminannya adalah Allah SWT akan mengampuni dosa-dosamu. Tumbuh bersama taubat, kita akan menjadi orang-orang yang dekat dan dicintai Allah SWT.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya