Selama Hidupnya, Ini Hewan dan Barang yang Pernah Dimiliki Rasulullah

Fariza Rizky Ananda, Jurnalis · Jum'at 14 Mei 2021 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 330 2410057 selama-hidupnya-ini-hewan-dan-barang-yang-pernah-dimiliki-rasulullah-jc2fVr0woX.jpg Kuda menjadi hewan peliharaan Nabi Muhammad SAW. (Foto: Freepik)

JAKARTA – Nabi Muhammad SAW ternyata pernah memiliki beberapa hewan selama hidupnya. Selain diternakkan, beberapa hewan tersebut biasanya digunakan Nabi untuk kendaraan berperang, seperti kuda dan bighal.

Dikutip dari Sirah Nabi Muhammad karya Al-Hafizh Ibnu Katsir, Jumat (14/5/2021), hewan pertama adalah unta. Di antara unta-unta yang dimiliki oleh Rasulullah bernama al-'Adhba', al-Jad'a', dan al-Qashwa'.

Selanjutnya adalah kuda. Kuda yang Nabi miliki adalah as-Sakb, yaitu kuda yang kepala dan kaki sebelah kanannya berwarna Putih. Itulah kuda pertama yang dibawa beliau dalam peperangan. Berikutnya adalah Sabhah, yakni kuda yang beliau gunakan untuk berlomba. Kemudian, al-Murtajiz. Kuda terakhir inilah yang beliau beli dari seorang Arab Badui dengan persaksian langsung Khuzaimah bin Tsabit.

Baca Juga: Setelah Ramadhan, Jangan Lupa Puasa Syawal

Nabi juga memiliki seekor bighal yang bernama Duldul, yang merupakan hadiah dari Muqauqis. Beliau menunggangi bighal tersebut dalam Perang Hunain. Bahkan, bighal itu masih hidup setelah beliau wafat, sampai-sampai dibuatkan gandum untuk makanannya karena giginya sudah copot semua.

Selain itu, Rasulullah memiliki pula seekor keledai bernama 'Ufair, namun terdapat riwayat lain yang menyebutkan Ghufair. Demikianlah yang disebutkan oleh Iyadh. Rasulullah juga pernah memiliki dua puluh ekor liq-hah dan seratus ekor kambing.

Baca Juga: Kisah Menjadi Mualaf Dialami Abu Bakar, Percaya pada Islam karena Mimpi Tidur

Selain hewan-hewan, berikut beberapa barang yang pernah Nabi miliki selama hidupnya. Di antara barang-barang yang beliau miliki adalah senjata dan peralatan perang lainnya.

Nabi memiliki tiga bilah tombak, tiga busur panah, dan enam bilah pedang. Di antara pedang itu adalah Dzulfiqar, yaitu pedang yang beliau gunakan saat Perang Badar. Selain itu, beliau memiliki dua buah baju besi, sebuah tameng, sebuah cincin, cangkir kasar terbuat dari kayu, panji perang berwarna hitam berbentuk bujur sangkar, dan sebuah bendera berwarna putih atau berwarna hitam dalam riwayat lain.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya