Kembali ke Fitrah

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 14 Mei 2021 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 330 2410061 kembali-ke-fitrah-iaaJ02dMOv.jpg Kembali Fitrah. (Foto: Dompet Dhuafa)

JAKARTA - Sahabat muslim yang dirahmati Allah SWT, semoga di penghujung Ramadhan ini senantiasa diberikan kekuatan oleh Allah SWT. Agar bisa istiqomah dalam menunaikan kewajiban  akan hak-hak Allah SWT yang itu berarti kekuatan iman tidak hanya sebatas Ramadhan, tapi kelak di 11 bulan selanjutnya harus dipertahankan agar Allah menjadikan sebagai hamba yang rabbani.

"Pasca-Ramadhan, jika kita mengetahui bahwa masjid-masjid yang dahulu ketika Ramadhan masih ramai beribadah, menghidupkan malam bulan ramadan, akan tetapi tidak dirasakan oleh masjid ketika Ramadhan selesai. Andaikan masjid memiliki air mata, masjid-masjid yang dahulu ramai di bulan ramadan dengan bacaan tilawah Al-Qur’an, dengan zakat dan sedekah, lalu ketika Ramadhan usai banyak masjid yang menangis karena tidak se ramai bulan Ramadhan dan semakin sep," ujar Ustadz Ahmad Fauzi Qosim selaku Sekretaris DPS Dompet Dhuafa.

Ada satu ungkapan yang menarik diungkapkan oleh para ulama, jadikanlah ini sebagai hamba-hamba yang rabbani, yang terlatih terus istiqomah, dan bukan orang-orang yang beribadah ketika Ramadhan saja. Maka pentingnya istiqomah dalam beribadah, karena ramadan merupakan bulan latihan bagi kita agar terjaga terus ibadah ketika selesai bulan Ramadhan.

Ada satu pengingat dari Allah dalam Q.S Al-Ahqaf ayat 13 :

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah", kemudian mereka tetap istiqamah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita.

Penting bagi seorang hamba Allah SWT akan adanya keistiqomahan di setiap amaliyah. Rasul pernah mengatakan amaliyah yang terbaik adalah sedikit tapi berkelanjutan. Maka pasca Ramadhan, ketika amaliyahnya terus dijaga agar koneksitas dengan Allah terus terjaga dengan baik.

"Maka penting kita diingatkan, ketika kita shalat tarawih penuh selama 30 hari, maka perlu dilanjutkan dengan solat tahajud dan istikharah. Kita berpuasa 30 hari, maka amalkanlah dengan puasa-puasa sunnah seperti puasa senin-kamis. Istiqomahkan juga dengan terus membaca Al-Qur’an setiap hari. Insya Allah ramadan ini memberi manfaat dan keberkahan bagi kita semua," katanya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya