Share

Puasa Qadha atau Puasa Syawal Mana yang Harus Didahulukan?

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Sabtu 15 Mei 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 14 330 2410303 puasa-qadha-atau-puasa-syawal-mana-yang-harus-didahulukan-H6twtNXRH6.jpg Puasa qadha Ramadhan dan puasa Syawal. (Foto: Freepik)

JAKARTA -ย Qadha puasa Ramadhan atau puasa Syawal yang perlu didahulukan? Ataukah amalan tersebut dapat dilakukan bersamaan dengan dua niat sekaligus? Pertanyaan ini kerap muncul di tengah-tengah kaum Muslimin.

Ustaz Ammni Nur Baits menjelaskan dengan mengutip dari Abu Ayyub al-Anshari radhiyallahu โ€˜anhu, Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

ู…ูŽู†ู’ ุตูŽุงู…ูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ุซูู…ูŽู‘ ุฃูŽุชู’ุจูŽุนูŽู‡ู ุณูุชู‹ู‘ุง ู…ูู†ู’ ุดูŽูˆูŽู‘ุงู„ูุŒ ูƒูŽุงู†ูŽ ูƒูŽุตููŠูŽุงู…ู ุงู„ุฏูŽู‘ู‡ู’ุฑูย 

โ€œSiapa yang puasa Ramadhan, kemudian dia ikuti dengan 6 hari puasa syawal, maka seperti puasa setahun.โ€ (HR. Muslim 1164)

Baca Juga:ย Kisah Sahabat Nabi Gugur saat Berperang, Belum Pernah Sholat tetapi Masuk Surga

Pada hadis di atas, Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam menyebutkan janji pahala seperti puasa setahun dengan 2 syarat:

a. Menyelesaikan puasa Ramadhan

b. Puasa 6 hari di bulan Syawal

Sebagian ulama menegaskan, seseorang belum dikatakan telah menyelesaikan puasa Ramadhan, jika dia masih memiliki hutang puasa Ramadhan. Karena berarti dia belum berpuasa penuh satu bulan Ramadhan.

Berikut keterangan Imam Ibnu Utsaimin,ย 

ุตูŠุงู… ุณุชุฉ ุฃูŠุงู… ู…ู† ุดูˆุงู„ ูุฅู†ู‡ุง ู…ุฑุชุจุทุฉ ุจุฑู…ุถุงู† ูˆู„ุง ุชูƒูˆู† ุฅู„ุง ุจุนุฏ ู‚ุถุงุฆู‡ุŒ ูู„ูˆ ุตุงู…ู‡ุง ู‚ุจู„ ุงู„ู‚ุถุงุก ู„ู… ูŠุญุตู„ ุนู„ู‰ ุฃุฌุฑู‡ุง

Puasa 6 hari di bulan syawal memaliki kaitan dengan ramadhan, sehingga tidak dilaksanakan kecuali setelah mengqadha utang ramadhan. Jika ada orang yang berpuasa sebelum mengqadha utangnya, dia tidak mendapatkan janji pahala seperti puasa setahun.

Baca Juga:ย Setelah Ramadhan, Jangan Lupa Puasa Syawal

Selanjutnya, Imam Ibnu Utsaimin menyebutkan hadis di atas. Kemudian, beliau melanjutkan,ย 

ูˆู…ุนู„ูˆู… ุฃู† ู…ู† ุนู„ูŠู‡ ู‚ุถุงุก ูุฅู†ู‡ ู„ุง ูŠู‚ุงู„: ุฅู†ู‡ ุตุงู… ุฑู…ุถุงู† ุญุชู‰ ูŠูƒู…ู„ ุงู„ู‚ุถุงุก

Dan kita tahu bersama bahwa orang yang masih memiliki utang puasa, dia tidak dikatakan, โ€˜telah menyelesaikan puasa ramadhanโ€™, sehingga dia menyempurnakan qadha ramadhan. [Liqaโ€™at Bab Al-Maftuh, Volume 5, no. 5].

"Karena itu, bagi Anda yang ingin mendapatkan keutamaan berupa pahala puasa selama setahun, yang harus anda lakukan adalah mengqadha ramadhan terlebih dahulu, kemudian puasa 6 hari di bulan Syawal," ujarnya sebagaimana dikutip dalam lama Konsultasisyariah pada Sabtu (15/5/2021)ย 

Bolehkah mengakhirkan qadha puasa Ramadhan?

Jawabannya boleh, dan waktunya selama setahun sampai datang ramadhan berikutnya. Hanya saja, untuk bisa mendapatkan pahala puasa setahun sebagaimana yang dijanjikan dalam hadis Abu Ayub di atas, disyaratkan dia harus menyelesaikan puasa ramadhan, kemudian diikuti dengan puasa 6 hari di bulan syawal.

Allahu aโ€™lam

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini