Aurel Hermansyah Alami Keguguran Semoga Menjadi Syafaat di Hari Kiamat

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Rabu 19 Mei 2021 09:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 19 330 2412129 aurel-hermansyah-alami-keguguran-semoga-menjadi-syafaat-di-hari-kiamat-1t1Rib1z0Z.jpg Keguguran janin usia muda. (Foto: Ilustrasi/Freepik)

JAKARTA - Dua artis yakni Nathalie Holscher dan Aurel Hermansyah keguguran di masa janin masih sangat muda. Namun hikmah dan pelajaran apa yang bisa dipetik dari kemalangan yang diberikan Allah Ta'ala itu?

Meskipun usia kandungan janin belum genap 120 hari atau 4 bulan dimana ruh dari janin itu sudah dihembuskan malaikat atas perintah Allah Ta'ala, namun tetap saja ujian keguguran itu mempunyai hikmah. Setidaknya hikmah yang dapat dipetik adalah kesabaran.

Ustaz dr Raenul Bahraen menjelaskan bahwa Imam An-Nawawi  berkata,

موتُ الواحدِ من الأولادِ حجابٌ منَ النار ، وكذا السقطُ

“Kematian salah seroang dari anak adalah penghalang dari api neraka demikian pula janin yang keguguran”

Baca Juga: Aurel Hermansyah Keguguran Netizen pun Ingatkan Penyakit Ain, Ini Penjelasannya

Syaikh Shalih Al-Munajjid berkata, 

وقد نص بعض العلماء على أن السقط يشفع في أبويه يوم القيامة

“Sebagian ulama menegaskan bahwa janin yang keguguran akan memberikan syafaat kepada kedua orang tuanya di hari kiamat”

Pendapat ini semakin kuat jika janin yang keguguran sudah berumur 4 bulan lebih yaitu sudah ditiupkan ruh, sehingga berstatus sama seperti anak yang sudah lahir. Banyak dalil-dalil yang menunjukkan bahwa anak yang meninggal akan memberikan syafa’at kepada kedua orang tuanya.

Baca Juga: Aurel Hermansyah Keguguran di Usia Kandungan 5 Pekan, Bagaimana Pandangan Al-Quran

Dikutip dari laman Almanhaj pada Rabu (19/5/2021) disebutkan sebagai kaum yang beriman, maka harus meyakininya sebagai takdir Allah Subhanahu wa Ta’ala disertai tawakkal kepadaNya, karena hal itu sebagai bagian dari keimanan seorang muslim. Namun demikian, usaha untuk mengantisipasi tetap wajib dilakukan.

Berikut ini bekal acuan bagi suami istri yang menginginkan keturunan.

1. Jangan lupa selalu berdoa sesuai tuntunan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebelum bersenggama (berjima). Meskipun faktor genetik (kromosom) dari masing-masing partner, juga faktor kelainan bentuk rahim sulit dikoreksi, mudah-mudahan dengan doa dan harapan kepada Allah, atas kehendakNya kondisi gen serta perkembangan janin bisa menjadi normal.

2. Sebaiknya menghindari senggama saat kehamilan muda (triwulan pertama), lebih-lebih dengan riwayat keguguran berulang.

3. Menciptakan ketenangan rumah tangga, selalu hindari konflik dan permasalahan yang mengganggu pikiran pada saat istri hamil.

4. Segera atasi apabila ibu hamil menderita sakit meskipun ringan, karena kadang-kadang gejala penyakit hanya sederhana tanpa gejala-gejala berat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya