Pengeras Suara Masjid di Arab Saudi hanya untuk Azan dan Iqamah

Muhaimin, Jurnalis · Senin 24 Mei 2021 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 24 614 2414544 pengeras-suara-masjid-di-arab-saudi-hanya-untuk-azan-dan-iqamah-LaZcsab5VG.jpg Kumandang seruan azan. (Foto: Reuters)

RIYADH - Pengeras suara masjid di Arab Saudi kini hanya diperboleh digunakan saat kumandang seruan azan dan iqamah saja. Kementerian Urusan Islam Arab Saudi telah memberlakukan pembatasan penggunaan pengeras suara di seluruh masjid.

Kementerian Urusan Islam Arab Saudi telah menerbitkan surat edaran yang ditandatangani  Menteri Urusan Islam Arab Saudi, Abdul Latif Al Sheikh, semua masjid di seluruh Kerajaan.

Aturan baru dalam surat itu membatasi penggunaan pengeras suara hanya untuk azan dan iqamat dan menurunkan volume pengeras suara ke level sepertiga.

Baca Juga: Viral Pria Palestina Azan di Atas Reruntuhan Masjid yang Hancur, Netizen: Air Mataku Tak Terbendung

Azan adalah seruan salat pertama bagi umat Islam, sedangkan iqamat adalah seruan kedua. Saat iqamat dikumandangkan, imam salat telah mengambil posisinya menghadap ke arah Kakbah dan salat akan segera dimulai.

Surat edaran tersebut didasarkan pada Hadis Nabi Muhammad SAW, di mana Nabi bersabda: “Lihat! setiap orang dari Anda memanggil Tuhannya dengan tenang. Yang satu tidak harus merepotkan yang lain dan yang satu tidak harus meninggikan suara dalam pelafalan atau dalam doa di atas suara yang lain."

Aturan tersebut, seperti dikutip Gulf News, Senin (24/5/2021), juga didasarkan pada fatwa oleh sebagian besar ulama Islam senior seperti Sheikh Mohammed bin Saleh Al Othaimeen dan Saleh Al Fawzan, bahwa pengeras suara di masjid hanya boleh digunakan untuk azan dan iqamat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya