Pengantin Pria Baca Shigat Taklik Usai Ijab Kabul, Mempelai Perempuan Perlu Mengetahuinya

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Sabtu 29 Mei 2021 10:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 29 330 2417136 pengantin-pria-baca-shigat-taklik-usai-ijab-kabul-mempelai-perempuan-perlu-mengetahuinya-Pu3xeQkzwc.jpg Ifan Seventeen-Citra Monica. (Foto: IG Ifan Seventeen)

JAKARTA - Ifan Seventeen bakal menikahi Citra Monica pada Sabtu (29/5/2021). Biasanya setelah proses ijab kabul selesai, penghulu akan meminta mempelai pria membacakan teks Shigat Taklik. Apa yang dimaksud Shigat Taklik itu?

Shigat Taklik diucapkan setelah usai proses ijab kabul yang sah dalam proses akad nikah. Pada umumnya pernikahan di Indonesia, penghulu akan meminta mempelai pria yang sudah menjadi suami untuk membaca teks shigat taklik.

Namun sebenarnya apa arti shighat taklik talak dan kenapa harus dibacakan mempelai pria setelah ijab kabul. Shighat taklik talak, jika ditulis dalam bahasa arab menjadi [صيغة تعليق الطللاق].

Baca Juga: Pernikahannya Disiarkan di TV, Ifan Seventeen dan Citra Monica Banjir Doa

Shighat artinya pernyataan, taklik talak artinya menggantungkan talak. Sehingga arti Shighat taklik talak adalah pernyataan menggantungkan talak jika terjadi kasus yang disebutkan. Kita akan memahami takyif fiqh (pendekatan fiqh alam memahami kasus) dari shighat taklik talak.

Adapun isi teks shighat taklik yakni;

1. Meninggalkan istri saya selama 2 (dua) tahun berturut-turut;

2. Tidak memberi nafkah wajib kepadanya 3 (tiga) bulan lamanya;

3. Menyakiti badan atau jasmani istri saya;

4. Membiarkan (tidak memperdulikan) istri saya selama 6 (enam) bulan atau lebih,

Ustaz Ammni Nur Baits menjelaskan, dalam teks shighat taklik di atas, suami menyatakan bahwa dia bersedia menerima gugatan cerai (khulu’) dari istri ketika suami melakukan pelanggaran seperti yang disebutkan. Sehingga pada hakekatnya, shighat ini adalah janji dari suami untuk mengabulkan khulu’ istrinya, ketika suami melakukan pelanggaran yang disebutkan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya