Perempuan Berhijab dan Bercadar Masih Sering Mejeng di Medsos, Apa Kata Ulama?

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Rabu 02 Juni 2021 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 330 2418956 perempuan-berhijab-dan-bercadar-masih-sering-mejeng-di-medsos-apa-kata-ulama-QPDTIvXCBb.jpg Perempuan berhijab. (Foto: Freepik)

JAKARTA-  Saat ini rasanya mudah ditemui perempuan berhijab dengan busana muslimah yang syar'i serta bercadar. Namun menariknya wanita tersebut dengan mengenakan busana tadi masih sering tampil di medsos atau media sosial. Lantas apa yang dapat dikatakan dengan hal itu.

Ustaz dr Raenul Bahraen pun ikut memberi nasihatnya di akun Instagramnya@raehanul_bahraen dikutip pada Rabu (2/6/2021).  Disebutkan sebagai berikut:    

Ada yang berkata: Sebelum kenal sunnah, aku kira cadar itu teroris. Setelah kenal sunnah, aku yakin cadar itu sunnah. Setelah kenal instagram, aku lihat belum tentu yang bercadar mengenal sunnah sepenuhnya

Maksud dari orang yang berkata di atas adalah mulai banyaknya oknum wanita yang berjilbab lebar dan bahkan bercadar, akan tetapi sering selfie dan upload foto mereka dengan jilbab lebar dan cadar di sosial media. Selfie dan video tersebut dengan gaya centil bahkan berlenggak-lenggok layaknya biduanita. Mereka sangat ingin eksis dan diperhatikan oleh manusia dengan cara yang tidak diperkenankan syariat.

Baca Juga: Solusi Ringkas bagi Pria yang Dihantui Poligami

Fungsi jilbab dan cadar adalah menutupi sebisa mungkin para wanita dari laki-laki, akan tetapi di sosial media laki-laki sangat mudah melihat.

Salah satu sunnah yang perlu diperhatikan oleh para wanita adalah wanita itu rasa malu . Bukan maksudnya para wanita "malu-maluin" atau "malu yang terkungkung" dan tidak bisa berkreasi dan tidak bisa memberikan sumbangsih pada umat, akan tetapi malu yang menjaga kehormatannya.

Perhatikan bagaimana rasa malu wanita beriman di zaman dahulu. Ketika dua orang wanita di zaman Nabi Musa, dibantu oleh Nabi Musa untuk memberikan minuman pada ternak yang dibawa oleh dua wanita tersebut (karena ayah mereka sedang lemah, sehingga kedua wanita tersebut terpaksa yang mengembalakan ternak).

Baca Juga: Perempuan Berhijab Bikin Ventilator Bantu Rumah Sakit Tangani Covid-19

Allah berfirman,

“Kemudian datanglah kepada Musa salah seorang dari kedua wanita itu berjalan PENUH RASA MALU, ia berkata, ‘Sesungguhnya bapakku memanggil kamu agar ia memberikan balasan terhadap (kebaikan)mu memberi minum (ternak) kami .’” (Al Qashash : 25).

Karena malu, wanita tersebut menutup wajahnya. Umar bin Khattab mengatakan,“Gadis tersebut menutupi (wajahnya) dengan kain lengan baju atau dengan gamisnya.” (Tafsir At-Thabari).

Sementara netizen pun merespons di kolom komentar sebagai berikut:

@_elmast: Wanita itu ibarat intan permata tertutup rapat di jaga rapih.Seandainya permata itu tergores sedikit saja maka akan menurunkan harganya. Tapi sayang nya wanita terkadang lupa betapa berharga nya dirinya

@enjang_in_saudi_arabia: Beratnya punya anak perempuan

@nurmfirdaus95: Ini merespon gosip yg sedang beredar kah ust?

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya