Benarkah Malaikat Beristighfar bagi Orang yang Minum Kopi?

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Kamis 10 Juni 2021 11:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 330 2422905 benarkah-malaikat-beristighfar-bagi-orang-yang-minum-kopi-FzGaCV9ACB.jpg Minum kopi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Benarkah malaikat beristighfar (memohon ampunan kepada Allah Ta'ala) bagi peminum kopi, bahkan jika masih ada bau aroma kopi sekalipun dari mulutnya? Hal ini dibantah keras karena tidak ada satupun dalil sahih yang menjelaskan hal itu.

Ini semua tidak benar sama sekali, berbicara tentang perkara ghaib itu memerlukan dalil dari wahyu bukan ucapan para ulama tanpa dalil, cerita-cerita, hikayat-hikayat, apalagi hanya berupa mimpi-mimpi yang  tidak ketahui kejelasannya secara ilmiyyah.

Disebutkan dalam salah satu fatwa : 

القهوة لم تكن -قطعًا- على عهد النبي -صلى الله عليه وسلم-، وأنه ليس عنه ولا عن أحد من الصحابة ولا التابعين نص في مدحها أو ذمها؛ فما ذكر من أن الملائكة تستغفر لشاربها كلام باطل مقطوع ببطلانه ونكارته، وكذا ما يذكر من أن من يكره شربها ممسوس فهو من الأقوال المنكرة الباطلة، التي لا أصل لها، وكم من الفضلاء ممن يكرهون شرب القهوة، وكم منهم من يتعاطاها، والخلاصة: أنها من الشراب المباح الذي لا يمدح ولا يذم.

Baca Juga: Cara Meracik Kopi Seenak Buatan Kafe di Rumah, Cobain Yuk!

“Kopi itu secara meyakinkan tidak ada di zaman Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam. Kopi tidak ada keterangan dari beliau tidak pula dari sahabat beliau tidak pula dari tabiin yang memuji ataupun mencela kopi.

Ustadz Abul Aswad Al-Bayati menjelaskan, apa yang disebutkan bahwa malaikat memintakan ampun bagi orang yang minum kopi adalah ucapan batil dan mungkar. Demikian pula apa yang disebutkan bahwa orang yang menolak minum kopi adalah orang dungu ini adalah ucapan yang batil lagi mungkar yang tidak ada asalnya sama sekali.

Baca Juga: Nenek Berusia 130 Tahun di Aceh Masih Sehat, 10 Anaknya Lebih Dulu Wafat

Melansir laman Bimbinganislam dijelaskan, betapa banyak orang yang mulia tidak suka minum kopi, dan betapa banyak dari mereka yang menyukainya. Kesimpulannya, kopi ini adalah minuman yang mubah/boleh yang tidak ada dalil memuji ataupun mencelanya.” 

Sementara Ustaz Yusuf Abu Ubaidah menjelaskan minum kopi hukum asalnya muba. Namun bisa berubag menjadi ibadah dan berpahala jika minum kopi itu bertujuan sebagai sarana untuk lebih semangat dalam melakukan ibadah dan ketaatan kepada Allah. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya