Firaun Ramses III Pernah Singgah d Arab Saudi, Penggalian Mengungkap Fakta Terus Dilakukan

Syarifudin, Jurnalis · Kamis 10 Juni 2021 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 614 2423166 firaun-ramses-iii-pernah-singgah-d-arab-saudi-penggalian-mengungkap-fakta-terus-dilakukan-3TxClWpSTz.jpg Salah satu bukti berupa prasasti hieroglif di Tayma menyebutkan kehadiran Firaun Ramses III. (Foto: Komisi Pariwisata dan Purbakala Saudi)

RIYADH - Firaun Ramses III ternyata pernah singgah di Semenanjung Arab. Untuk menggali lebih jauh tentang hal ini,  Arkeolog Mesir Zahi Hawass akan memimpin proyek penggalian di Arab Saudi. Ini untuk lebih memperkuat fakta Firaun Ramses III pernah singgah di Semenanjung Arab.

Mantan Menteri Negara Urusan Purbakala Mesir itu mengatakan dalam pernyataan pers akhir bulan lalu bahwa dia mengadakan pertemuan di Riyadh dengan Kepala Otoritas Warisan Kementerian Kebudayaan Arab Saudi Jasir Al-Harbash.

Proyek ini diharapkan akan diluncurkan pada November dengan dukungan besar dari Saudi.

“Catatan papirus telah mengkonfirmasi bahwa Ramses III mengirim misi perdagangan untuk mengekstraksi tembaga dari tempat yang sekarang menjadi Arab Saudi,” ungkap Hawass.

Dia juga menunjukkan ada banyak wilayah lain yang ditemukan di sepanjang jalur perdagangan kuno yang menghubungkan kedua negara lebih dari 3.000 tahun yang lalu.

Baca Juga: Kereta & Kota Emas Firaun Ditemukan, Ahli Gali Keberadaan Tongkat Nabi Musa

“Kelompok scarab penting yang ditemukan di Arab Saudi berasal dari Mesir,” papar dia.

Penggalian diperkirakan akan fokus pada situs arkeologi yang ada di barat laut kerajaan Saudi di oasis yang disebut Tayma, yang dianggap sebagai permukiman manusia tertua di negara itu.

Baca Juga: Kota Besar Era Firaun yang Hilang Ribuan Tahun Ditemukan

Pada 2010 Komisi Tertinggi Pariwisata dan Purbakala Saudi mengumumkan penemuan batu di dekat pemukiman, yang digambarkan sebagai prasasti hieroglif pertama yang dikonfirmasi di semenanjung.

Hawass, yang saat itu menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Barang Purbakala Mesir, menyerukan, "Kedua negara perlu bekerja sama mengungkap keberadaan Firaun di Semenanjung Arab."

Pada 2019 para arkeolog menemukan prasasti hieroglif yang berisi tanda tangan Ramses III.

Temuan penting itu, menurut para ahli, menunjukkan firaun hadir di wilayah tersebut, karena prasasti semacam itu biasanya hanya diukir di hadapan firaun secara langsung.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya