Lonjakan Covid-19 Menggila, MUI Ingatkan Sabar Menghadapi Qadha dan Qadhar

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 614 2429096 lonjakan-covid-19-menggila-mui-ingatkan-muslim-diingatkan-sabar-menghadapi-qadha-dan-qadhar-weHvdF1BXT.jpg Pasien Covid-19 di RSUD dr Soekarjo, Tasikmalaya. (Foto: Asep Juhariyono)

LONJAKAN Covid -19 saat ini bukan semakin menurun malah angka kasusnya semakin meningkat. Sikap Muslim yang beriman menghadapi situasi ini agar selalu tegar dan tetap bersandar kepada Allah SWT, terutama terhadap qadha dan qadar-Nya.

Mau tidak mau atau siap atau tidak, setiap dari kita pasti akan mengakhiri hidup dengan caranya masing-masing. Semua itu merupakan sebab, menuju kematian, untuk mengakhiri kehidupan.

Pesan ini disampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia, KH Abdullah Djaidi, sebagai pengingat pentingnya kesiapan akidah kita di samping ibadah dan ketahanan fisik menghadapi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Parah! Pasien Covid-19 Ini Malah Gelar Pesta Pernikahan, Puluhan Warga Depok Terpapar

‘’Mau tidak mau dan pasti, dari kita akan mengakhir hidup ini. Ada yang mengakhiri dengan sakit berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Ada yang meninggal sakit ganas dan ada juga saudara kita yang meninggal akibat covid-19. Semua Ini adalah jalan sebagaimana pepatah makanana, ‘banyak sebab cara menuju kematian, tapi kematian itu adalah satu, mengakhir hidup kita,” ujar Kiai Abdullah melansir laman resmi MUI pada Selasa (22/6/2021).

Dia mengingatkan para ulama untuk selalu berperan untuk mengingatkan, membimbing dan menyelamatkan umat dalam hal-hal yang merugikan dalam agama Islam, terutama di tengah pandemi Covid-19 yang masih menghantui.

 Kiai Abdullah menuturkan, bahwa yang paling terpenting saat ini adalah bagaimana umat untuk selalu mempersiapkan kematian dengan perbanyak amal saleh dan amal ibadah serta tetap mempertahankan iman.

Baca Juga: Kemenkes Deteksi 160 Kasus Covid-19 dari Varian Delta, Terbanyak di Jateng

Menurut dia, MUI sebagai himayatul ummah mempunyai peran untuk melayani bimbingan umat, petunjuk, memberi soluasi dan membangun kebersamaan. Diharapkan senatiasa bisa menyelamatkan umat, bukan hanya Covid-19, melainkan masalah lainya seperti aliran sesat atau menyimpang. melindungi muamalah yang dihadapi yang tidak syari, melindungi umat dari informasi yang tidak benar dan lain sebagainya.

Kiai Abdullah juga mengingatkan umat untuk muhasabah, karena virus ini merupakan makhluk Allah, yang bisa menghindarkan kita dan mematikan virus ini hanya Allah. Bisa jadi, adanya wabah ini merupakan teguran atau adzab dari Allah karena banyak ayat yang menjelaskan bagaimana tingkah laku manusia melakukan kecacatan di muka bumi. Artinya, ini peringatan dan teguran dari Allah SWT.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya