Jangan Berdebat dengan Pembenci, Lebih Baik Tersenyum dan Diam

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 29 Juni 2021 09:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 330 2432442 jangan-berdebat-dengan-pembenci-lebih-baik-tersenyum-dan-diam-6Y49H4e8PZ.jpg Jangan berdebat dengan pembenci, lebih tersenyum dan diam. (Foto: Freepik)

JANGAN berdebat dengan pembenci, penjelasan yang paling bijak darimu adalah diam tersenyum dan membiarkan dia merasa benar sendiri.

Jadi tak perlu berteriak, jika hanya ingin di dengar Karena, terkadang cara terbaik untuk di dengar adalah dengan tetap diam tanpa harus berkata sepatah katapun.

"Ingatlah orang yang dibenci tidak akan merasakan kesedihan yang mendalam, berbeda dengan orang yang membenci dia akan kehilangan banyak kebahagiaan," ujar Ady Kurniawan Al Asyrofi dalam pesannya yang diterima pada Selasa (29/6/2021).

Baca Juga: Anti Radang, Silahkan Buktikan Khasiat Resep Herbal Racikan Ustaz Zaidul Akbar

Sebaiknya mengalah dan jangan meladeni untuk berdebat (walaupun nanti akan dikira akan kalah) bukanlah kalah yang sesungguhnya. Mengalah untuk menang, mundur selangkah (mengambil kuda-kuda) untuk melompat jauh ke depan. itulah kemenangan bagi mereka yang berjiwa besar menghidari debat yang tidak berguna. Oleh karena itu mengalah dan meninggalkan perdebatan, pahalanya sangat besar.

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: 

مَنْ تَرَكَ الْمِرَاءَ وَهُوَ مُبْطِلٌ بَنَى اللهُ لَهُ بَيْتًا فِي رَبَضِ الْجَنَّةِ مَنْ تَرَكَ الْمِرَاءَ وَهُوَ مُحِقٌّ بَنَى اللهُ لَهُ بَيْتًا فِي أَعْلَى الْجَنَّةِ

Baca Juga: Bukti Cinta kepada Allah SWT Tak Akan Sempurna Kecuali dengan Menaati-Nya

“Barangsiapa yang meninggalkan perdebatan sementara ia berada di atas kebatilan, maka Allah akan bangunkan sebuah rumah baginya di pinggiran surga. Dan barangsiapa yang meninggalkan perdebatan padahal dia berada di atas kebenaran, maka Allah akan membangun sebuah rumah baginya di atas surga.”[ Kitab Shahih at-Targib wat Tarhib, jilid 1, no. 138]

"Dan ingatlah walaupun sebenarnya kita bisa menang dalam berdebat akan tetapi, bisa jadi dia menolak kebenaran karena gengsi merasa kalah, Karena jika hati jika sudah tertutup sebuah kebencian maka apapun yang dia lakukan atau diperbuat maka akan menjadi suatu kesalahan terus dihadapan orang yang membenci," sebutnya.

Semoga kita tidak terpancing untuk ikut berdebat dan dihindarkan dari berdebat dari hal-hal yang tidak penting.

Wallahu A'lam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya