Hari Jumat Jangan Lupa Baca Surah Al Kahfi, Yuk Ketahui Keutamaannya

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 16 Juli 2021 09:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 16 614 2441445 hari-jumat-jangan-lupa-baca-surah-al-kahfi-yuk-ketahui-keutamaannya-uxRftSJ2um.jpg Ilustrasi membaca Surah Al Kahfi di hari Jumat. (Foto: Okezone)

HARI Jumat penuh dengan amal salih berpahala besar. Salah satunya adalah membaca Surah Al Kahfi. Allah Subhanahu wa ta'ala menjanjikan keberkahan besar bagi kaum Muslimin yang menunaikannya.

Membaca Surah Al Kahfi bisa dilakukan mulai Kamis malam hingga hari Jumat sore menjelang magrib. Keutamaan melimpah bakal diraih dengan menjalankan sunah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam ini.

Baca juga: Ayah Bunda, Ini 7 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami Bermakna Lembut 

Dikutip dari laman Rumaysho, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal mengungkapkan bahwa ajaran tersebut sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah." (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)

Info grafis keutamaan membaca Surah Al Kahfi. (Foto: Okezone)

Kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam juga berkata:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR Hakim 6169, Baihaqi 635, dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’ 6470)

Baca juga: 3 Bukti Makkah Kota Paling Suci di Dunia, Termasuk Keberadaan Baitullah 

Diterangkan pula bahwa kuatnya pengaruh cahaya yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala akan membuat orang yang membaca Surah Al Kahfi dilindungi dari fitnah Dajjal.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam menjelaskan:

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: "Siapa yang menghafal 10 ayat pertama Surah Al Kahfi maka dia akan dilindungi dari fitnah Dajjal." (HR Muslim 1919, Abu Daud 4325, dan yang lainnya)

Oleh karena itu, mari isi hari Jumat ini dengan mengamalkan sunah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam yakni membaca Surah Al Kahfi yang merupakan surah ke-18 di dalam kitab suci Alquran dan berisi 110 ayat.

Wallahu a'lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya