Baru Hijrah Sudah Berdakwah, Bagaimana Pandangan Ulama?

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Jum'at 20 Agustus 2021 08:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 330 2458241 baru-hijrah-sudah-berdakwah-bagaimana-pandangan-ulama-UMBeXsrTdd.jpg Belum lama hijrah tapi sudah berdakwah, bolehkah. (Foto: Dok)

BELUM lama hijrah tapi sudah menyampaikan dakwah menyampaikan kebenaran dan mengajak kebaikan kepada orang lain apakah harus menunggu menjadi ustaz terlebih dahulu meskipun materi yang disampaikan adalah benar dan baik? 

Banyak ungkapan di tengah-tengah masyarakat yakni " baru hijrah saja sudah berdakwah". Nah bagaimana menurut ulama akan hal ini.   Dewan Pembina Yayasan Risalah islamUstadz Dr. Musyaffa Ad Dariny, MA dlam pesannya menjelaskan bahwa untuk berdakwah mengajak orang lain kepada kebaikan, maka  tidak harus jadi ustadz dulu.

"Yang penting kita tahu bahwa yang kita sampaikan adalah kebenaran berdasarkan dalil-dalil yang sahih," ujarnya.

Baca Juga: Child Free Konsep Pernikahan Tak Mau Kehadiran Anak, Bagaimana Menurut Islam?

Bukankah Nabi shallallahu alaihi wasallam telah bersabda:  

بلغوا عني ولو آية 

"Sampaikan dariku, walaupun hanya satu ayat!"

 "Apakah bila hanya tahu satu ayat, kita tidak boleh menyampaikan ayat itu kepada orang lain? kata dia. Tentu boleh, bahkan sangat dianjurkan, sebagaimana hadits di atas.

Baca Juga: Treatment Detox Ustaz Zaidul Akbar Setelah Mengonsumsi Cilok, Seblak dan Mi Instan

 Begitu pula bila baru tahu bahwa musik itu haram, tidak mengapa dia mendakwahkan hal itu kepada orang lain, bahkan itu sangat dianjurkan. Meski dia belum tahu hukum syariat yang lainnya.

 Beda dengan orang yang jadi rujukan ilmu, atau jadi orang yang duduk mengajar ilmu agama, maka dia harus belajar agama yang mendalam dahulu, dialah yang harus jadi ustadz dahulu.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya