Haid Membatasi Muslimah Beribadah, Ini 5 Amalan yang Masih Dapat Dilakukan

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Rabu 25 Agustus 2021 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 330 2460925 haid-membatasi-muslimah-beribadah-ini-5-amalan-yang-masih-dapat-dilakukan-wfEfZeYTRa.jpg Haid membatasi Muslimah beribadah. (Foto: Unsplash)Unsplash)

HAID membuat seorang Muslimah diperintahkan untuk tidak beribadah seperti sholat, puasa dan bentuk amalan lainnya. Namun dalam kondisi itu masih ada beberapa amalan lainnya yang dapat dilakukan.

Pendakwah Ustadz Adi Hidayat mengatakan, perempuan bisa mendapatkan pahala meski tak bisa beribadah saat haid, asal semasa suci dia rajin beribadah kepada Allah.

“Misal ibu dalam keadaan sedang suci atau tidak haid, ibu ini selalu memperbanyak amal saleh seperti sholat sunahnya dan amalan lainnya, dan di saat ibu ini sedang haid, maka pahala tersebut tetap ditulis,” kata Adi Hidayat seperti dikutip dari video ceramahnya di kanal Youtube Ceramah Pendek.

Baca Juga: Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid, Muslimah Catat dan Diingat

Seperti diketahui ada beberapa amalan yang bisa dilakukan oleh muslimah yang sedang haid, yaitu:

1. Membaca Al-Quran tanpa menyentuh mushaf

Soal ini memang ada perbedaan pendapat di kalangan ulama. Ada yang mengharamkan wanita haid baca Alquran, ada juga pendapat yang membolehkan asal tidak menyentuh mushaf saat tidak dalam keadaan suci.

Nah, jika berpegang pada pendapat yang membolehkan, alternatifnya bisa memanfaatkan gadget dengan mengunduh aplikasi Alqur’an digital dan bisa membacanya lewat handphone, jadi tidak langsung menyentuh fisik Alquran.

2. Berzikir

Wanita haid dibolehkan untuk berzikir seperti mengucap istighfar, tahmid, tahlil, takbir. Meski ada juga sebagian ulama yang berpendapat tidak boleh.

Baca Juga: 5 Cara Sukses Nabi Muhammad SAW Berbisnis

Berzikir artinya mengingat Allah dan itu dianjurkan setiap saat. Rasulullah SAW bersabda, “Dan hendaklah lidahmu senantiasa basah karena dzikir kepada Allah.” (HR. Tirmidzi). Selain berzikir, bisa juga mengamalkan doa–doa harian.

3. Bersholawat

Bersholawat adalah salah satu tanda kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW. Bersholwat banyak sekali hikmahnya.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian kuburan dan janganlah kalian menjadikan kuburanku sebagai tempat perayaan, bersholawatlah kepadaku karena sesungguhnya ucapan sholawat kalian akan sampai kepadaku di manapun kalian berada.” (H.R. Abu Daud No. 2044 dengan Sanad Hasan)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Bersedekah dan zakat

Amalan ini tentu saja bisa dilakukan oleh muslimah yang sedang haid. Salah satu ciri umat muslim yang baik adalah mengeluarkan harta atau bendanya untuk menolong sesama.

Dalam Alqur’an Surah Ali Imran ayat 92, Allah SWT berfirman: 

َن تَنَالُوا۟ ٱلْبِرَّ حَتَّىٰ تُنفِقُوا۟ مِمَّا تُحِبُّونَ ۚ وَمَا تُنفِقُوا۟ مِن شَىْءٍ فَإِنَّ ٱللَّهَ بِهِۦ عَلِيمٌ

Artinya :” Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.”

5. Bersilaturahmi

Menjalin silahturahmi dengan saudara atau kerabat. Ini sangat penting selain memperpanjang usia, dapat juga membukakan pintu rezeki serta menambah pahala.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya