Hilangkan Penderitaan Sesama Muslim, Allah Ta'ala Akan Beri 4 Pertolongan Ini

Hantoro, Jurnalis · Senin 25 Oktober 2021 10:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 330 2491177 hilangkan-penderitaan-sesama-muslim-allah-ta-ala-akan-beri-4-pertolongan-ini-yRHiYFDnvO.jpg Ilustrasi menghilangkan penderitaan sesama Muslim. (Foto: Shutterstock)

USTADZ Dr Firanda Andirja Lc MA Hafizhahullah memaparkan bahwa umat Islam bisa berkontribusi dalam menghilangkan penderitaan sesama Muslim. Ini penting dilakukan, karena memiliki keutamaan besar di sisi Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dalam sebuah riwayat hadis sahih, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ الله عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَمَنْ سَتَرَ عَلَى مُسْلِمٍ سَتَرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَاللَّهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ

"Dari sahabat Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, beliau berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, 'Barang siapa yang menghilangkan dari seorang Muslim penderitaannya dari penderitaan-penderitaan di dunia, maka Allah akan menghilangkan penderitaannya dari penderitaan-penderitaan hari kiamat. Barang siapa yang memudahkan bagi orang yang mengalami kesulitan karena terlilit utang, maka Allah akan memudahkan baginya urusan di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang menutupi aib orang Islam, maka Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba tersebut jika seorang hamba menolong saudaranya'." (HR Muslim)

Baca juga: Ini Nasab dan Kelahiran Nabi Muhammad, Umat Islam Wajib Tahu 

Ustadz Firanda menjelaskan, hadis tersebut menunjukkan kaidah yang sangat agung yaitu:

الْجَزَاءُ مِنْ جِنْسِ الْعَمَلِ

"Balasan sesuai dengan amal perbuatan."

"Barang siapa yang melakukan kebaikan, maka Allah akan balas dengan kebaikan. Barang siapa yang melakukan keburukan, maka Allah akan balas dengan keburukan. Perhatikan hadis ini," papar Ustadz Firanda, seperti dikutip dari situs resminya, Senin (25/10/2021).

Adapun keutamaan yang bisa diraih mereka yang meringankan penderitaan sesama Muslim adalah:

Baca juga: Keutamaan Surah Al Mutaffifin Ayat 1-3, Pentingnya Adab Berdagang 

1. Barangsiapa yang menghilangkan penderitaan orang lain, maka Allah akan menghilangkan penderitaannya.

2. Barang siapa yang memudahkan orang yang mengalami kesulitan, maka Allah akan mengilangkan kesulitannya.

3. Barang siapa yang menutup aurat seorang Muslim, maka Allah akan menutup auratnya.

4. Barang siapa menolong seorang hamba, maka Allah akan menolongnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ini semua menunjukkan bahwasanya "balasan seusai dengan perbuatan". Hadis tersebut membahas beberapa permasalahan.

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ الله عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ

"Barang siapa yang menghilangkan penderitaan seorang Muslim dari penderitaan-penderitaannya di dunia maka Allah Subhanahu wa ta'ala akan menghilangkan penderitaanya pada hari kiamat kelak."

Baca juga: Inilah Nikmat yang Akan Datang jika Banyak Beristighfar 

Di sini Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam tidak mengatakan: "Allah akan menghilangkan penderitaannya di dunia dan di akhirat", tetapi Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam hanya mencukupkan: "Allah akan menghilangkan penderitaannya di hari kiamat kelak."

Kenapa bisa demikian? Hal ini dijelaskan oleh Al Hafizh Ibnu Rajab Al-Hanbali dalam kitabnya Jami'ul ‘Ulum wal Hikam, beliau menyebutkan bahwasanya, "Karena penderitaan di dunia tidak ada apa-apanya (tidak ada bandingannya) jika dibandingkan dengan penderitaan pada hari kiamat kelak."

Sesungguhnya penderitaan pada hari kiamat kelak sangatlah berat. Oleh karena itu, Allah Subhanahu wa ta'ala menyediakan bagi orang yang menghilangkan penderitaan saudaranya di dunia, Allah akan menghilangkan penderitaannya di akhirat.

Kenapa? Penderitaan di dunia masih bisa dihadapi tapi penderitaan di akhirat maka sangat mengerikan. Tidak ada orang yang bisa menghadapi penderitaan di akhirat, kecuali jika ditolong oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Ini Cara Melatih Diri agar Jadi Orang Ikhlas 

Seperti dalam hadis sahih disebutkan, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam mengatakan bahwasanya, "Allah akan mengumpulkan seluruh manusia sejak awal sampai akhir di satu dataran; Matahari akan direndahkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala; Maka orang-orang akan mengalami penderitaan dan kesulitan dan penderitaan yang mereka tidak mampu untuk menghadapinya, mereka tidak mampu untuk memikulnya; Maka sebagian orang berkata kepada yang lainnya, 'Tidakkah kalian melihat yang kalian rasakan, tidakkah kalian melihat siapa yang bisa memberi syafaat bagi kita di sisi Rabb kita'." (HR Bukhari dan Muslim)

"Ini adalah hadis tentang syafaat yang menjelaskan manusia dalam kondisi sangat sulit tatkala itu, karena matahari diturunkan dalam jarak 1 mil," papar Ustadz Firanda.

Oleh karena itu, di sini Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam mengkhususkan: "Barang siapa yang menghilangkan penderitaan seorang mukmin di dunia maka Allah akan menghilangkan penderitaannya di akhirat."

Karena penderitaan di dunia masih bisa dihadapi. Adapun penderitaan akhirat siapa yang bisa menghadapinya? Penderitaan dengan berbagai macam model penderitaan. Maka barang siapa yang menghilangkan penderitaan seorang Mukmin, maka dia akan dihilangkan penderitaannya di hari kiamat.

Baca juga: Ini Bukti Sedekah Tidak Akan Mengurangi Hartamu 

Naffasa (نَفَّسَ) dalam bahasa Arab diambil dari التَنْفِيْس yang artinya “melegakan.” Jika ada orang tercekik, susah bernapas, dadanya sempit, udara sulit keluar dari kerongkongannya, kemudian kita lepaskan. Itulah namanya tanfis. Jadi seakan-akan ia mudah untuk bernapas lagi.

Ini merupakan isyarat bahwasanya ketika seseorang melihat saudaranya mengalami penderitaan, bisa jadi dia tidak menghilangkan penderitaannya secara total, tapi paling tidak dia meringankan seperti pada tersebut, orang yang sebelumnya sulit untuk bernapas, sulit untuk bergerak, tiba-tiba dia bisa lagi menghembuskan udara/nafasnya sehingga dia merasa ringan.

Maka itu, jika seseorang berusaha membantu saudaranya semaksimal mungkin maka Allah akan menghilangkan penderitaannya pada hari kiamat.

Baca juga: Ustadz Firanda Andirja: Kenikmatan Sempurna Hanya Ada di Surga 

Meskipun disebutkan bahwa hadits ini menunjukkan al jaza min jinsil ‘amal (balasan sesuai dengan perbuatan). Namun pada hakikatnya, amalan kita tidak sebanding dengan pemberian Allah, dengan balasan yang Allah berikan.

"Bayangkan, kita hanya menghilangkan penderitaan seseorang di dunia, tetapi balasannya penderitaan kita di akhirat yang akan dihilangkan Allah Subhanahu wa ta'ala. Tentu tidak ada bandingannya antara penderitaan di dunia dengan penderitaan di akhirat," tuntasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya