4 Amalan agar Otak Cerdas dan Kuat Hafalan Ayat-Ayat Suci Alquran

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 19 November 2021 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 19 616 2504362 4-amalan-agar-otak-cerdas-dan-kuat-hafalan-ayat-ayat-suci-alquran-azBB1ruy7V.jpg Ilustrasi amalan agar otak cerdas dan kuat hafalan ayat-ayat suci Alquran. (Foto: Okezone)

AMALAN agar otak cerdas dan kuat hafalan ayat-ayat suci Alquran hendaknya diketahui setiap Muslim. Sejak dini Mukmin sudah diajarkan menghafal dan mengingat semua yang telah dipelajarinya. Contoh, santri diharuskan menghafal ayat-ayat suci Alquran, hadits-hadis, dan yang paling mendasar doa-doa.

Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur Ustadz Asroni Al Paroya mengatakan dalam proses menghafal sesuatu seperti Alquran atau pelajaran umum dan agama harus disertai amalan-amalan khusus supaya dilancarkan.

Baca juga: Cerita Gadis Cantik Jadi Mualaf dari Coba-Coba Pakai Hijab 

Ia menuturkan, ada banyak amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam untuk memperkuat hafalan dan tidak mudah lupa. Bahkan hingga kini masih bisa mengingat hafalannya tersebut.

"Biasanya hafalan identik dengan pelajar atau santri. Mereka diharuskan menalar semua pelajaran yang telah diberikan ustadz atau guru-gurunya," kata Ustadz Asroni saat dihubungi MNC Portal beberapa waktu lalu.

Amalan-amalan tersebut di antaranya:

Baca juga: Kisah Veteran Amerika Jadi Mualaf Setelah Takluk oleh Alquran 

1. Menjaga wudu

Pertama adalah menjaga wudu menjadi hal penting untuk menjaga hafalan. "Apalagi ditambah dengan wudu (selalu berwudu) dan tidak pernah kena hadas. Artinya apabila batal wudu, ia wudu dan wudu lagi," kata Ustadz Asroni.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:

«أَلَا أَدُلُّكُمْ عَلَى مَا يَمْحُو اللهُ بِهِ الْخَطَايَا، وَيَرْفَعُ بِهِ الدَّرَجَاتِ؟» قَالُوا بَلَى يَا رَسُولَ اللهِ قَالَ: «إِسْبَاغُ الْوُضُوءِ عَلَى الْمَكَارِهِ، وَكَثْرَةُ الْخُطَا إِلَى الْمَسَاجِدِ، وَانْتِظَارُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الصَّلَاةِ، فَذَلِكُمُ الرِّبَاطُ»

Artinya: "Maukah kalian aku tunjukkan kepada suatu amal yang dapat menghapus kesalahan (dosa) dan meninggikan derajat?" Para sahabat menjawab, "Ya, wahai Rasulullah." Rasulullah bersabda, "(Yaitu) menyempurnakan wudu dalam kondisi sulit, banyaknya langkah menuju masjid, menunggu sholat setelah mendirikan sholat. Itulah kebaikan (yang banyak)." (HR Muslim Nomor 251)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

2. Bangun di sepertiga malam

Selanjutnya adalah terbangun di sepertiga malam. Biasanya sebagian orang, seperti santri membuka semua pelajarannya sambil menunggu waktu subuh.

Selain itu, sempatkan juga sholat sunah seperti tahajud, hajat, witir, hingga sholat tobat agar dosa-dosa terhapus dan diperlancar dalam hafalannya.

"Pada waktu tersebut adalah saat yang tepat, di mana doa-doa diijabah oleh Allah," terang Ustadz Asroni.

Baca juga: Disunahkan Baca Surah Al Kahfi Setiap Jumat, Makin Praktis di Alquran Digital Okezone 

3. Menjauhi maksiat

Salah satu penyebab penghalang masuknya ilmu adalah maksiat. Seperti ditulis dalam kitab Ta'lim Muta'lim, yaitu:

ويكثر الصلاة على النبى عليه السلامفإن الحفظ فضل مــــــــن الله وفضل الله لا يعطى لعاصـــــى

Artinya: "Dan dengan banyak membaca sholawat Nabi Shallallahu alaihi wassallam karena sholawatlah yang menjadi zikir seluruh alam. 'Syi’ir disebutkan: Aku laporkan kepada ki Waki’; hafalanku lemah. Ia menunjuki agar kutinggal laku maksiat. Hafalan itu sebagai anugerah dari sisi Tuhan. Orang yang maksiat tak diberi anugerah dari Tuhan."

Baca juga: 8 Sunah Rasulullah di Hari Jumat Berkah, Nomor 2 Mudah dan Berpahala Besar 

4. Minum madu

Kemudian meminum madu. Hal ini juga dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassllam karena madu dapat ikut menjaga agar lidah tidak kaku saat melafalkan kalimat-kalimat yang dihafal.

"Madu juga bisa meningkatkan energi, karena orang yang menghafal itu kan butuh konsentrasi tinggi, sehingga banyak mengeluarkan energi. Nah, madu bisa meningkat energi kita," ucap Ustadz Asroni.

Baca juga: Niat Sholat Gerhana Bulan, Lengkap dengan Keutamaannya 

Keutamaan madu baik untuk membantu hafalan juga dijelaskan dalam kitab Ta'lim Muta'lim Bab 12 bahwa minum madu bisa memudahkan dalam menghafal.

والسواك وشرب العسل وأكل الكندر مع السكر وأكل إحدى وعشرين زبيبة حمراء كل يوم على الريق يورث الحفظ ويشفى من كثير من الأمراض والأسقام، وكل ما يقلل البلغم والرطوبات يزيد فى الحفظ، وكل ما يزيد فى البلغم يورث النسيان.

Artinya: "Bersiwak, minum madu, makan kandar (kemenyan putih), bercampur gula, dan menelan buah zabib (kismis) merah 21 butir setiap hari, kesemuanya dapat mempermudah hafal lagi dapat mengobati berbagai macam penyakit. Segala sesuatu yang bisa mengurangi pelendiran dahak dan mengurangi pelemakan kulit badan yang diakibatkan terlalu banyak makan, adalah juga bisa memperkuat hafalan. Sesuatu yang memperbanyak lendir dahak, akan membuat orang jadi pelupa."

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Tata Cara Sholat Gerhana Bulan Beserta Niat dan Waktu Pelaksanaannya 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya