Kisah Gus Dur soal Para Presiden Menangis Usai Tahu Kapan Negaranya Makmur

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 25 November 2021 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 614 2506681 kisah-gus-dur-soal-para-presiden-menangis-usai-tahu-kapan-negaranya-makmur-WENwEgMb95.jpg Ilustrasi kisah Gus Dur menceritakan sejumlah presiden menangis usai tahu kapan negaranya makmur. (Foto: Shutterstock)

KISAH Gus Dur kali ini menceritakan tentang para presiden yang dibuat menangis usai dialog dengan Tuhan. Mereka bertanya kapan negaranya makmur, tapi setelah mendapat jawabannya justru menangis.

Kiai Haji Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur memang salah satu ulama karismatik dan dikenal dengan candaan atau guyonannya yang dapat "mengocok perut".

Ada banyak humor Gus Dur yang membuat orang tertawa-tawa. Pasalnya, isi humornya itu bukan sekadar lucu, tapi juga ada unsur membangun dan sindiran secara halus.

Baca juga: Kisah Gus Dur tentang Arti No Smoking untuk Para Kiai NU 

Gus Dur. (Foto: Istimewa)

Salah satunya adalah humor Gus Dur yang menceritakan dialog presiden dari beberapa negara dengan Tuhannya masing-masing.

Suatu hari para presiden dan pemimpin negara lainnya tengah berdialog dengan Tuhannya. Diawali dengan Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan.

Baca juga: Kisah Gus Dur Sebut Kereta Api Lebih Cepat daripada Pesawat 

"Tuhan, kapan negara kami makmur? Tuhan jawab, 20 Tahun lagi." Presiden Reagan pun menangis, demikian sebagaimana dilansir laman GusDur.net.

Dilanjutkan Presiden Prancis Sarkozy. "Tuhan, kapan negara Prancis makmur? Tuhan menjawab, 25 Tahun lagi. "Mendengar jawaban tersebut, Presiden Sarkozy juga menangis.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Selanjutnya giliran Perdana Menteri (PM) Inggris Tony Blair. Ia juga melakukan hal yang sama, yaitu berdialog dengan Tuhannya.

"Tuhan, kapan negara Inggris bisa makmur? Tuhan menjawab, 20 Tahun lagi." PM Tony Blair ikut menangis juga.

Baca juga: Kisah Gus Dur Makan Ikan Hasil Curian Jadi Halal 

Gus Dur. (Foto: Istimewa)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya