Share

Simak! Tips Selalu Khatam Baca Surah Al Kahfi Setiap Hari Jumat

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 24 Desember 2021 06:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 24 616 2521813 simak-tips-selalu-khatam-baca-surah-al-kahfi-setiap-hari-jumat-Vfho964NJo.jpg Ilustrasi tips khatam baca Surah Al Kahfi setiap hari Jumat. (Foto: Shutterstock)

SETIAP Muslim disunahkan rutin membaca Surah Al Kahfi setiap hari Jumat yang penuh keberkahan. Pasalnya, ada pahala besar di balik mengerjakan amal salih ini. Selengkapnya bisa disimak di Alquran Digital Okezone.

Diketahui bahwa Surah Al Kahfi memiliki arti "Para Penghuni Gua". Ini merupakan surah ke-18 di dalam kitab suci Alquran. Al Kahfi berisi 110 ayat, dan termasuk surah Makkiyyah atau diturunkan kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam di Kota Makkah.

Baca juga: Abu Nawas Dilarang Naik Keledai, tapi Kok Malah Gelantungan di Perutnya? 

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

Berdasarkan riwayat dari Abu Said al Khudri Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah." (HR Ad-Darimi 3470 dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’, 6471)

Baca juga: Berpahala Besar, Ini 8 Sunah di Hari Jumat yang Sayang jika Dilewatkan 

Kemudian dalam riwayat lain, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: "Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat." (HR Hakim 6169, Baihaqi 635, dan dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’ 6470)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Lantas, adakah tips terbaik dalam membaca Surah Al Kahfi agar bisa khatam di hari Jumat? Ustadz Dr Syafiq Riza Basalamah Lc MA pun memberikan panduannya.

Ia mengatakan, berdasarkan Fatawa Syabakah Islamiyyah Nomor 135507 bahwa redaksi hadis-hadis tentang anjuran membaca Surah Al Kahfi tidak menunjukkan harus dibaca rampung sekali duduk.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Jumat 24 Desember 2021M/19 Jumadil Awal 1443H 

"Boleh dicicil, asalkan selama masih di hari Jumat, maka insya Allah ia telah menunaikan perintah di hadis itu. Karena yang dituju adalah membaca seluruh Surah Al Kahfi di hari yang telah dikhususkan tersebut. Bahkan kalau seorang membacanya dalam sholat juga boleh," terang Ustadz Syafiq Riza Basalamah, seperti dikutip dari akun Instagram-nya @syafiqrizabasalamah.

Lalu ada pertanyaan, jika tidak bisa merampungkan bacaan Surah Al Kahfi pada hari Jumat, apakah bisa mendapat keutamaan seperti hadis tersebut?

Baca juga: Bacaan Zikir Pagi Hari Ini, Jumat 24 Desember 2021M/19 Jumadil Awal 1443H 

"Wallahu a'lam, berdasarkan keterangan dari teks (zhohir) hadis, keutamaan di atas hanya didapat oleh mereka yang dapat membaca Surah Al Kahfi dengan sempurna. Karena tidak dinamakan membaca surah kecuali bila seorang membacanya secara utuh," tukasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini