Share

4 Keuntungan Curhat ke Allah Ta'ala, Salah Satunya Selalu Dijawab

Hantoro, Jurnalis · Selasa 04 Januari 2022 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 330 2527291 4-keuntungan-curhat-ke-allah-ta-ala-2aiA2wg80G.jpg Ilustrasi keuntungan curhat hanya kepada Allah Ta'ala. (Foto: Istimewa)

SETIAP Muslim pasti memiliki masalah dalam kehidupan di dunia ini. Namun tenang saja, ada cara mengatasinya, dan lebih baik mengikutinya sesuai ajaran agama Islam. Salah satunya adalah curhat ke Allah Subhanahu wa ta'ala. Keluhkanlah segala hal, meski sesepele apa pun, hanya kepada Allah Ta'ala.

Sebagaimana dikutip dari unggahan di akun Instagram @masjidnuruliman, Selasa (4/1/2022), diriwayatkan seorang salaf tatkala melihat ada orang yang curhat atau mencurahkan isi hatinya terkait kondisi dirinya kepada pihak lain maka ia berkata, "Jika engkau mengeluhkan (kondisimu) kepada anak Adam maka sesungguhnya engkau sedang mengeluhkan Allah Yang Maha Penyayang kepada anak Adam yang bukan penyayang."

Baca juga: 7 Selebgram Hijab Inspirasi Muslimah Tanah Air, Nomor 4 Mualaf Cantik dan Berprestasiย 

Setidaknya ada empat keuntungan curhat ke Allah Subhanahu wa ta'ala, yakni:

1. Jalur tidak pernah sibuk

2. Selalu dijawab

3. Tidak pernah ditutup

4. Tidak pernah mengecewakan

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam kitab suci Alquran:

ููŽุงุฐู’ูƒูุฑููˆู†ููŠ ุฃูŽุฐู’ูƒูุฑู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุงุดู’ูƒูุฑููˆุง ู„ููŠ ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽูƒู’ููุฑููˆู†ู

Artinya: "Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku." (QS Al Baqarah: 152)

Baca juga: Kisah Mualaf Cantik Asal Prancis: Tanpa Islam Kehidupan Saya Tidak Bermaknaย 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Allah Azza wa Jalla adalah Pencipta yang suka jika hamba-Nya mengeluh dengan berdoa kepada-Nya seraya menunjukkan kelemahan, kehinaan, dan ketidak mampuan sang hamba di hadapan-Nya.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

ุฃูŽู…ู‘ูŽู†ู’ ูŠูุฌููŠุจู ุงู„ู’ู…ูุถู’ุทูŽุฑู‘ูŽ ุฅูุฐูŽุง ุฏูŽุนูŽุงู‡ู ูˆูŽูŠูŽูƒู’ุดููู ุงู„ุณู‘ููˆุกูŽ

Artinya: "Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan." (QS An-Naml: 62)

Baca juga: Kehujanan, Raja Basah Kuyup tapi Kok Abu Nawas Tetap Keringย 

Seseorang disukai untuk mengeluhkan segala keluh kesahnya, bahkan dalam hal-hal yang menurutnya sepele.

Nabi Muhammad Shallallahu โ€˜alaihi wassallam bersabda:

ู„ููŠูŽุณู’ุฃูŽู„ูŽ ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ุฑูŽุจู‘ูŽู‡ู ุญูŽุงุฌูŽุชูŽู‡ู ูƒูู„ู‘ูŽู‡ูŽุง ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูŠูŽุณู’ุฃูŽู„ูŽู‡ู ุดูุณู’ุนูŽ ู†ูŽุนู’ู„ูู‡ู ุฅูุฐูŽุง ุงู†ู’ู‚ูŽุทูŽุนูŽ

Artinya: "Hendaknya salah seorang dari kalian meminta kepada Rabb-nya seluruh kebutuhannya (hajatnya) bahkan sampai untuk memperbaiki tali sandalnya jika terputus." (HR At-Thirmidzi, dan dihasankan oleh Syekh Al-Albani dalam Al-Misykaat Nomor 2251, akan tetapi dalam sanad hadits ini ada pembicaraan, sehingga Al-Albani berubah pendapatnya dan melemahkannya di Ad-Doโ€™iffah Nomor 1362. Namun makna hadits ini tentu benar tanpa diragukan lagi, karena berdoa adalah ibadah, dan seorang hamba disukai berdoa kepada Allah dalam segala hal dan kondisi)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Baca Selebaran, Mantan DJ Ini Dapat Hidayah Islam dan Yakin Jadi Mualafย 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini