Ali bin Abi Thalib Pernah Kasih Nasihat ke Anaknya, Apa Saja?

Ahmad Muhajir, Jurnalis · Sabtu 08 Januari 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 08 330 2529281 ali-bin-abi-thalib-pernah-kasih-nasihat-ke-anaknya-apa-saja-2LH6AjQiBj.jpeg Ilustrasi. (Foto: freepik)

ALI bin Abi Thalib pernah dijuluki oleh Nabi Muhammad SAW sebagai Mustawdaโ€™ul ilmi atau gudangnya ilmu pengetahuan. Tidak heran jika banyak nasihatnya diamalkan umat Islam.

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (8/1/2022), Ali pernah berpesan kepada anaknya, Hasan, sebelum meninggal. Tentu, pesannya bisa dijadikan pegangan hidup sebagai umat Muslim.ย 

Berikut beberapa nasihat Ali bin Abi Thalib yang disampaikan ke Hasan:

1. Seburuk-buruknya sifat yang dimiliki manusia adalah sombong. Orang sombong akan selalu merasa dirinya paling benar sehingga dia tidak akan pernah mendengar nasehat orang lain.

2. Kekayaan sesungguhnya yang dimiliki oleh manusia ialah akal. Manusia yang tidak memiliki akal dia tidak akan berarti dan sama kedudukannya dengan binatang. Akal adalah harta yang paling berharga.

Keluarga Muslim

3. Kemiskinan yang sesungguhnya dimiliki oleh manusia adalah kebodohan. Hal yang paling berbahaya dalam hidup ialah kebodohan. Mereka yang bodoh tidak akan mampu untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

4. jangan pernah berteman dengan orang bodoh karena orang bodoh hanya akan memanfaatkan dirimu dan tidak akan memberikan manfaat bagimu.

5. Jangan pernah berteman dengan orang kikir karena dia akan selalu menjauh saat kamu sangat membutuhkannya. Orang kikir hanya memanfaatkan hartamu.

6. Jangan berteman dengan orang jahat karena dia akan selalu mengajakmu untuk melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya