Share

Kisah Konstantinopel Ditaklukkan Pemuda Muslim 19 Tahun Bernama Muhammad Al Fatih

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 21 Januari 2022 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 614 2535717 kisah-konstantinopel-ditaklukkan-pemuda-muslim-19-tahun-bernama-muhammad-al-fatih-3BqKFxvoc6.jpg Kisah Muhammad Al Fatih menaklukkan Konstantinopel. (Foto: Shutterstock)

KONSTANTINOPEL adalah ibu kota Kesultanan Utsmaniyah. Hampir selama abad pertengahan, Konstantinopel merupakan kota terbesar dan termakmur di Eropa. Tapi atas takdir Allah Subhanahu wa ta'ala, konstantinopel berhasil ditaklukkan pemuda Muslim pemberani yakni Muhammad Al Fatih atau Mehmet II. Kala itu usianya masih sangat belia sekira 19 tahun dan memiliki kemampuan sangat andal memimpin pasukannya.

Muhammad Al Fatih atau Mehmet II pun menjadi penguasa Utsmani ketujuh yang berkuasa. Turki Ustami tercatat mengalami kejayaan di bawah pimpinan Sultan Mehmet II (Al Fath). Semasa remaja atau pada berusia 19 tahun, ia mampu melaklukan Kota Konstantinopel di masa kekhalifahan Turki Utsmani. Pelaklukan kota tersebut merupakan salah satu peristiwa bersejarah di masa perkembangan Islam.

Baca juga: Abu Nawas Jadi Tabib Dadakan Sembuhkan Pangeran: Obatnya Kawinkan sama Gadis Desa 

Ilustrasi Muhammad Al Fatih. (Foto: Istimewa/Sindonews)

Baca juga: 8 Sunah di Hari Jumat Miliki Pahala Besar, Salah Satunya Tidak Memeluk Lutut ketika Simak Khotbah 

Pada saat itu Konstantinopel adalah kota yang paling tidak bisa tertembus di dunia. Namun melalui kekuasaan Allah Subhanahu wa ta'ala melalui Sultan Mehmet II, Konstantinopel mampu ditaklukan kemudian dijadikan ibu kota kekaisaran Utsmani yang bernama Istanbul.

Konstantinopel juga dipandang sebagai salah satu kota yang paling penting di dunia. Bahkan pada masa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, beliau pernah berkata bahwa kaum Muslimin akan menaklukkan Konstantinopel. Sebagaimana sebuah hadis, Rasulullah bersabda:

"Sesungguhnya Kota Konstantinopel akan ditaklukkan oleh tantara Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukannya adalah sebaik-baik pasukan." (HR Imam Ahmad)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Bersangkutan dengan kisah ini, Ustadz Adi Hidayat Lc MA menjelaskan bahwa dari masa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam hingga sahabat-sahabatnya, tidak ada yang bisa menaklukkan Konstantinopel. Namun ketika Muhammad Al Fatih berkuasa, dia coba mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dengan menjadi orang yang salih. Akhirnya, Al Fatih mampu menaklukkan Konstantinopel.

Baca juga: Biografi Imam Ahmad bin Hanbal: Pendiri Mazhab Hanbali yang Hafal Lebih dari 1 Juta Hadis 

Baca juga: Apakah Anak Angkat Bisa Jadi Amal Jariyah? Ini Kata Ustadz Khalid Basalamah 

"Dengan dia mencari tahu kekuatan, ia mengumpulkan pasukannya untuk mendekatkan diri kepada Allah, dan kemudian terjadilah ketetapan itu. Dibukalah Konstantinopel itu oleh Muhammad Al Fatih," ungkap Ustadz Adi Hidayat dalam kanal Youtube Siar Islam.

Upaya yang dilakukan Muhammad Al Fatih ini dilakukan atas dasar pemimpin yang terbaik dengan memikul tugas mulia yang gagal diupayakan dari pemimpin sebelumnya. Begitulah kondisi saat Muhammad Al Fatih bisa menaklukkan kota yang sebelumnya tidak bisa tertembus di dunia ini.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini