Share

14 Kemuliaan Orang Takwa yang Diperoleh di Dunia, Salah Satunya Doa Mustajab

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 330 2536780 14-kemuliaan-orang-takwa-yang-diperoleh-di-dunia-salah-satunya-doa-mustajab-hbloafdmfS.jpg Ilustrasi kemuliaan orang takwa yang diperoleh di dunia. (Foto: Shutterstock)

KEMULIAAN orang takwa yang diperoleh di dunia sangat menarik diketahui setiap Muslim. Bisa dijadikan sebagai motivasi untuk memperbanyak amal ibadah untuk menggapai surga milik Allah Subhanahu wa ta'ala.

Seperti dikutip dari nu.or.id, Senin (24/1/2022), Ustadz Muhammad Tatam Wijaya memaparkan 14 keutamaan orang takwa yang didapat di dunia menurut Al Ghazali. Berikut ini penjelasannya.

Baca juga: Siasat Aneh Abu Nawas Supaya Tak Dimasak Jadi Bubur, Kok Malah Korbanin Raja?ย 

1. Mendapat pujian Allah Ta'ala, janji pembalasan dan karunia-Nya

Bayangkan betapa gembiranya seseorang saat mendapat sanjungan dari makhluk dan nama baiknya disebut-sebut di hadapan khalayak. Lantas bagaimana jika mendapat sanjungan dari Dzat Yang Maha Kuasa. Salah satunya dalam ayat berikut, "Bagi orang-orang yang berbuat kebaikan di antara mereka dan yang bertakwa ada pahala yang besar." (QS Ali โ€˜Imran: 171โ€“172).

2. Mendapat ucapan terima kasih dan penghormatan dari Allah Ta'ala

Penghormatan dari makhluk saja terkadang membuat seseorang terhormat, merasa bangga, dan mulia; bagaimana jika penghormatan itu datang Dzat Yang Maha Mulia.

3. Dicintai Allah Ta'ala

Permintaan apa pun terhadap sang kekasih pasti diberi. Terlebih lagi jika kekasihnya adalah Dzat yang memiliki segalanya. Hal itu salah satunya diungkapkan dalam ayat berikut, "Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertakwa." (QS At-Taubah: 7)

4. Urusannya ditangani, diatur, dan diawasi langsung oleh Allah Ta'ala

Hal ini sebagaimana ayat perintah takwa berikut, yang diakhiri dengan janji pengawasan-Nya, "Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu." (QS An-Nisa: 1)

5. Dihilangkan kesulitannya, selalu diberi jalan keluar bagi masalahnya, dan diberi rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka

Hal tersebut sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta'ala, "Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tidak disangka-sangkanya." (QS Ath-Thalaq: 2โ€“3)

Baca juga: Berkat Sedekah Jumat, Suami Istri Selamat dari Kecelakaan Maut Balikpapanย 

6. Dilindungi dari perbuatan zalim

Selalu ditolong dan dilindungi Allah Subhanahu wa ta'ala dari perbuatan orang-orang yang zalim dan berniat buruk.

7. Selalu merasa tenang

Selalu merasa ditemani dan diberi ketenangan, sehingga tidak takut terhadap keadaan apa pun, tidak takut terhadap perubahan dan kesulitan apa pun.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

8. Mendapat kemuliaan diri

Dianugerahi kemuliaan diri, tidak mau direndahkan atau dilalaikan oleh dunia dan para pemiliknya. Interaksinya dengan dunia hanya sebatas di tangan, tidak sampai ke dalam hati, kecuali yang berkaitan dengan urusan akhirat.

Dirinya sadar akan ayat yang menyatakan, "Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka." (QS Al An'am: 32)

Baca juga: Kena Sihir Bisa Sembuh dengan Baca Doa Ini, Buya Yahya Ungkap Keutamaannyaย 

9. Selalu diberi kelapangan dan kekayaan hati

Orang yang kaya hati lebih kaya dari orang yang kaya dunia. Hatinya selalu diliputi ketenangan, tidak kaget dengan ujian dan tipu daya makhluk, tidak sedih dengan kehilangan sesuatu, sebab hatinya yakin apa pun yang menimpa berasal dari Allah Subhanahu wa ta'ala, sedangkan Dia adalah Dzat yang dicintainya.

10. Hatinya selalu terang dengan cahaya, petunjuk, rahasia Allah, hikmah, dan ilmu

Hal ini sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta'ala, "Dan bertakwalah kepada Allah; Allah mengajarmu; dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." (QS Al Baqarah: 282)

11. Dicintai hingga dihormati

Dicintai, dihormati, bahkan disegani oleh makhluk, baik oleh orang alim maupun orang awam, baik orang yang baik maupun orang yang jahat. Sebab, Allah Subhanahu wa ta'ala meletakkan keagungan, kecintaan, dan karismatik pada dirinya, sehingga membuat orang lain segan dan tak berani melakukan sesuatu yang tak pantas.

12. Diberikan keberkahan dalam hidupnya

Keberkahan sendiri berarti bertambahnya kebaikan terhadap kebaikan yang ada. Keberkahan dalam ilmu, usia, harta, dan keturunan, misalnya. Makin banyak ilmunya, makin banyak amalnya. Makin banyak hartanya, makin banyak sedekahnya, dan seterusnya.

Baca juga: Hati-Hati Artis Suka Umbar Aurat, Ini Bahaya dan Ancamannya di Akhiratย 

13. Doanya mustajab dan pembicaraannya tajam

Tidaklah meminta sesuatu kecuali dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala, tidaklah meminta satu pertolongan, kecuali akan ditolong. Tidaklah melontarkan satu sumpah, kecuali akan terjadi.

14. Permintaannya dikabulkan Allah Ta'ala

Dibukakannya kunci-kunci kekayaan langit dan bumi. Apa pun yang diinginkannya, terkabulkan. Ingin makanan tertentu, misalnya, niscaya Allah Subhanahu wa ta'ala akan mengabulkannya, baik melalui perantara makhluk maupun perantara malaikat. Bahkan, hewan buas sekalipun tunduk kepadanya.

Dua keutamaan terakhir ini lebih sering disebut "karomah", artinya perkara luar biasa yang mengalir dari tangan orang-orang takwa, orang salih, takut kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, dan orang-orang yang dikasihi-Nya (wali). Sehingga bilamana perkara itu keluar dari selain orang takwa atau selain orang salih, maka bukanlah karomah, melainkan khidzlan, istidraj, atau idhlal. (Lihat: Al-Ghazali, Minhajul โ€˜Abidin, [Surabaya: Maktabah Muhammad ibn Ahmad], halaman 104โ€“105)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini