Share

5 Keistimewaan Hari Jumat Berkah, Ada Waktu Terampuninya Dosa-Dosa

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 04 Februari 2022 07:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 04 330 2542143 5-keistimewaan-hari-jumat-berkah-ada-waktu-terampuninya-dosa-dosa-4jRmT71QnL.jpg Ilustrasi keistimewaan hari Jumat bagi umat Islam. (Foto: SPA)

SEMUA Muslim pasti sudah mengetahui keberkahan besar di hari Jumat. Pasalnya, Jumat berstatus hari rayanya umat Islam hingga waktu turunnya banyak keberkahan.

Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA mengatakan, keistimewaan lain dari hari Jumat yakni adanya peristiwa hingga limpahan karunia dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Apa sajakah itu?

Berikut ini dijelaskan Ustadz Khalid Basalamah, sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Islam terkini, Jumat (4/2/2022).

Baca juga: Aneh! Abu Nawas Bisa Bikin Panci Beranak, Kemudian Meninggal 

1. Nabi Adam diciptakan dan hari kiamat terjadi

Keistimewaan hari Jumat bagi umat Islam adalah waktu penciptaan Nabi Adam Alaihissallam. Ustadz Khalid Basalamah mengatakan nabi sekaligus manusia pertama tersebut diciptakan Allah Subhanahu wa ta'ala pada hari Jumat dengan penuh kemuliaan. Selain itu, hari kiamat kelak akan terjadi pada hari Jumat. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam:

"Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihissallam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya, dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat." (HR Muslim)

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

2. Waktu mustajab berdoa

Keistimewaan berikutnya dari hari Jumat bagi umat Islam adalah waktu yang mustajab untuk berdoa. Tidak hanya sebagai bentuk ketaatan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, beribadah di hari Jumat juga menjadi waktu yang tepat untuk meminta pertolongan-Nya. Seperti diriwayatkan dalam sebuah hadis:

"Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu dia berkata; Abul Qasim Shallallahu 'alaihi wassallam pernah bersabda: 'Pada hari Jumat terdapat waktu yang tidaklah seorang hamba Muslim sholat dan meminta kebaikan kepada Allah, kecuali Allah akan mengabulkannya.' Beliau memberi isyarat dengan tangannya. Kami berkata: 'Yaitu beliau menyempitkannya'.'' (HR Bukhari dan Muslim)

Baca juga: 8 Amal Salih di Hari Jumat, Ada Sholat Sunah Berpahala Sangat Besar 

3. Pahala dilipatgandakan

Keistimewaan selanjutnya adalah seluruh amalan yang dikerjakan seorang Muslim pada hari Jumat akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Sebagaimana firman Allah Ta'ala:

"Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui." (QS Al Baqarah: 216)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Terjaga dari fitnah kubur

Keistimewaan hari Jumat bagi umat Muslim lainnya adalah terjaga dari fitnah kubur. Diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Amr, ia berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Tidaklah seorang Muslim meninggal pada hari Jumat atau malam Jumat kecuali Allah akan melindunginya dari azab kubur." (Sunan At-Tirmidzi/vol. III/hadis ke-1074)

Baca juga: Surat Al Kahfi Ayat 1-110, Ini Keutamaannya Dibaca Setiap Jumat 

5. Dosa-dosa terampuni

Keistimewaan hari Jumat bagi umat Muslim adalah diampuninya dosa-dosa. Ya, manusia memang tidak luput dari kesalahan dan dosa. Ustadz Khalid Basalamah mengatakan seorang Muslim yang berdoa dan bersholawat di hari Jumat senantiasa diampuni dosa-dosanya.

"Barang siapa berwudhu, kemudian memperbaiki wudhunya, lantas berangkat Sholat Jumat, dekat dengan imam, dan mendengarkan khutbahnya, maka dosanya di antara hari tersebut dan Jumat berikutnya ditambah tiga hari diampuni." (HR Muslim)

Baca juga: Surat Yasin Ayat 1-83, Ini Keutamaannya, Buka di Alquran Digital Okezone 

Selain itu, Ustadz Khalid Basalamah juga menganjurkan kaum Muslimin untuk membaca Surat Al Kahfi setiap hari Jumat. Pasalnya, wajah pembacanya akan diselimuti cahaya dan selamat dari fitnah dajjal.

Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, "Barang siapa hafal sepuluh ayat dari permulaan Surat Al Kahfi, maka ia dilindungi dari fitnah dajjal." (HR Muslim)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini