Share

Hati-Hati Mendoakan Keburukan untuk Orang Lain, Ini Bahayanya

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Jum'at 04 Februari 2022 19:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 04 330 2542416 hati-hati-mendoakan-keburukan-untuk-orang-lain-ini-bahayanya-CchMXWVy1n.jpg Ustadz Fathullah mengungkap bahaya mendoakan keburukan kepada orang lain. (Foto: YouTube iNews Religi)

TIDAK selalu perilaku seseorang itu menyenangkan. Ada kalanya merasa kecewa, bahkan sakit hati karena perbuatan buruk orang lain.

Bagi sebagian orang mungkin bisa tetap bersabar dan ikhlas. Namun ada pula yang merasa tidak terima, bahkan melontarkan sumpah serapah maupun mendoakan keburukan.

Baca juga: Simak! Lakukan Amalan Ini di Hari Jumat Akan Allah Balas 10 Kali Lipat 

Islam mengajarkan untuk tidak memanjatkan doa buruk kepada siapa pun, termasuk terhadap orang yang telah melukai hati. Anjuran ini pernah dikatakan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam yang tertuang dalam sebuah hadis.

"Janganlah kalian berdoa buruk terhadap dirimu sendiri, janganlah kalian berdoa buruk terhadap anak-anakmu, dan janganlah kalian berdoa buruk terhadap harta bendamu. Janganlah kalian (berdoa buruk karena bisa saja) menepati suatu saat di mana Allah diminta memberikan sesuatu pada saat tersebut lalu Allah mengabulkan permintaan kalian itu." (HR Muslim dari Jabir bin Abdullah)

Baca juga: Aneh! Abu Nawas Bisa Bikin Panci Beranak, Kemudian Meninggal 

Menurut Ustadz Fathullah, mengacu pada hadis tersebut, ada dua hal yang dapat dijadikan pelajaran. Pertama, umat Islam sudah jelas dilarang untuk berdoa buruk yang bertujuan mendatangkan bencana kepada sesama. Sekalipun orang itu berbuat zalim, tetap saja doa buruk tidak diperbolehkan.

"Ini bagian dari sifat mazmumah atau sifat tercela," ujar Ustadz Fathullah, seperti dikutip dari kanal YouTube iNews Religi, Jumat (4/2/2022).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Hal kedua yang perlu diingat adalah ada bahaya di balik mendoakan keburukan untuk orang lain. Apa itu? Doa tersebut akan berbalik kepada diri sendiri.

Habib Abdullah bin Alwi Al Haddad dalam sebuah kitab menjelaskan, ketika seseorang memanjatkan doa buruk, pintu langit dan bumi akan tertutup.

Baca juga: Surat Al Kahfi Ayat 1-110, Ini Keutamaannya Dibaca Setiap Jumat 

"Ketika pintu langit dan bumi tertutup, bisa jadi doa itu kembali kepada kita," ungkap Ustadz Fathullah.

Oleh karena itu, mulailah belajar bersabar dan tidak mudah terpancing emosi. Biarkan Allah Subhanahu wa ta'ala yang membalas semua perbuatan zalim orang lain.

Baca juga: Memandikan Jenazah Pasien Covid-19 dengan Cara Dilap Saja, Sahkah? 

Ingatlah bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam seringkali mendapat cacian maupun hinaan semasa hidup. Namun tentu saja, beliau tidak pernah sekalipun membalasnya dengan doa buruk.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini