Share

10 Makanan Favorit Rasulullah, Ada yang Disunahkan untuk Berbuka Puasa

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Rabu 23 Februari 2022 19:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 614 2551936 10-makanan-favorit-rasulullah-ada-yang-disunahkan-untuk-berbuka-puasa-RIvCa6YMCh.jpg Buah kurma salah satu makanan favorit Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. (Foto: Freepik)

SEGALA hal mengenai Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam sangat baik diketahui kaum Muslimin. Pasti banyak pelajaran berharga dan kebaikan yang ada di baliknya. Salah satunya adalah 10 makanan favorit Rasulullah.

Diketahui ada sederet makanan kesukaan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Beliau selalu mengonsumsi asupan yang bergizi dan menyehatkan setiap harinya.

Nah, apa saja makanan favorit Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam? Berikut ini 10 di antaranya, seperti dilansir laman About Islam.

Baca juga: Wamenag: Halal-Haram Wayang Sudah Sering Terjadi, Tidak Perlu Dibesar-besarkan 

1. Kurma

Bukan rahasia lagi, buah kurma sangat bergizi, kaya serat, vitamin B-6, dan mineral yang sangat diperlukan dalam tubuh manusia. Kurma juga bagus untuk para penderita kolesterol karena buah ini sangat rendah lemak. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam biasa mengonsumsi tujuh kurma setiap hari semasa hidupnya. Disunahkan juga untuk berbuka puasa.

2. Madu

Madu merupakan obat alami untuk hampir semua jenis penyakit. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam rutin meminum segelas air yang dicampur dengan madu setiap pagi. Madu dapat menyembuhkan semua penyakit mulai dari masalah lambung, nafsu makan, hingga mengendalikan dahak.

3. Zaitun

Minyak zaitun bisa untuk dikonsumsi atau digunakan sebagai minyak oles. Minyak zaitun sangat bermanfaat untuk perawatan kulit dan rambut serta mengurangi peradangan. Minyak zaitun juga salah satu makanan dari surga. Diriwayatkan oleh Ibnu Umar radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: "Minumlah minyak zaitun dan berminyak dengannya kerana sesungguhnya ia adalah dari pohon yang diberkahi." (HR Al Baihaqi dan Ibnu Majah)

Baca juga: Kurang Berbakti kepada Ibu? Ini Dampak Buruk yang Bisa Timbul 

4. Anggur

Dalam Surat Ar-Rad Ayat 4 disebutkan buah anggur memiliki kelebihan dalam hal rasa dibanding buah lainnya. Buah anggur memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti melancarkan peredaran darah, mencegah penyakit ginjal serta bagus untuk sistem pencernaan.

5. Buat tin

Tin adalah salah satu buah surga yang bermanfaat mengobati penyakit asam urat, memperkuat tulang, dan mengandung nutrisi tinggi. Buah tin juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

6. Susu

Susu sangat penting untuk memperkuat tulang dan gigi karena kaya kalsium. Susu juga dapat menyembuhkan penyakit lambung, memperbarui penglihatan dan meningkatkan memori manusia. Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam pun rutin mengonsumsi susu kambing dan unta.

Baca juga: Bacaan Zikir Petang Hari Ini, Rabu 23 Februari 2022M/22 Rajab 1443H 

7. Daging

Daging memiliki protein dan mineral yang tinggi. Mineral ini sangat penting untuk kekuatan tulang serta menjaga sistem kekebalan serta sistem jaringan tubuh. Daging kambing adalah makanan favorit Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

8. Melon

Melon memiliki kandungan air yang tinggi dan rendah kalori. Selain itu, melon juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang bersifat anti-kanker. Buah ini dapat membantu mengobati penyakit ginjal, lambung, hingga penyakit jantung.

Melon juga dapat membantu mencegah penuaan dini yang bagus untuk perawatan kulit. Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam biasa makan melon dengan kurma segar. Beliau bersabda: "Yang satu mengusir panas, yang lain mengusir dingin." (HR At-Tirmidzi)

9. Labu

Labu sangat bermanfaat untuk paru-paru dan memerangi cacat lahir pada manusia. Selain itu, labu juga berfungsi sebagai obat untuk penyakit seperti asma, tekanan darah, beberapa jenis kanker, serta penyakit jantung.

Baca juga: Catat! Ini Perbedaan Syariah dan Fiqih dalam Ajaran Islam 

10. Jelai

Jelai merupakan makanan sejenis gandum yang biasa dikonsumsi seperti sereal. Jelai sangat bermanfaat menyembuhkan demam. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam biasa mengonsumsinya dalam bentuk roti, adonan, dan bubur atau sup hangat.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini