Share

Ini Peringatan Malaikat Maut untuk Orang Berumur 40 Tahun

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Rabu 02 Maret 2022 19:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 02 330 2555430 ini-peringatan-malaikat-maut-untuk-orang-berumur-40-tahun-FIBBqH06l4.jpg Ilustrasi peringatan malaikat maut untuk orang berusia 40 tahun. (Foto: Freepik)

KEMATIAN bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Namun yang menjadi perhatian adalah tidak semua orang siap menghadapi kematian. Ajal memang rahasia Allah Subhanahu wa ta'ala, tapi manusia seringkali mendapat tanda-tanda kebesaran-Nya agar mengingat kematian dan kembali memperbaiki ibadah mereka. Namun tetap saja, tidak semua orang sadar dan banyak yang justru mengabaikannya.

Ustad Dr Khalid Basalamah Lc MA mengatakan ada sebuah riwayat dari Imam Qurthubi bahwa seorang nabi pernah berkata kepada malaikat maut.

Baca juga: Viral Ribuan Tentara Muslim Chechnya Menggemakan Takbir Bantu Rusia 

"Tidakkah kamu punya seorang delegasi yang kamu suruh datang mendahuluimu supaya manusia bersiap-siap menyambut kedatanganmu," ujar sang nabi, dikutip dari tayangan di kanal YouTube Hidayahindonesia, Rabu (2/3/2022).

Malaikat lantas memberikan jawaban bijak kepada nabi. Sebenarnya malaikat maut pun telah mengirimkan "delegasi" kepada manusia selama waktu hidup mereka masih cukup panjang.

"Aku bahkan punya banyak sekali delegasi berupa macam-macam gangguan dan penyakit, uban yang ada di kepala, berbagai hal yang menyedihkan, dan berkurangnya pendengaran juga penglihatan," kata malaikat maut.

Ketika orang yang diberikan berbagai tanda itu tidak juga sadar, jalan terakhir adalah mendatangi orang tersebut di saat ajalnya telah tiba. Saat itulah tidak ada lagi peringatan maupun kesempatan dan malaikat akan berseru:

"Bukankah aku telah mengirim terlebih dahulu kepadamu delegasi demi delegasi dan peringatan demi peringatan? Aku adalah delegasi terkahirmu, tidak ada yang lain sesudahku dan aku adalah peringatan terakhir, tidak ada lagi peringatan lain sesudahku."

Baca juga: 10 Inspirasi Nama Anak Laki-laki Islami Bermakna Pemimpin Adil dan Bijaksana 

Ketika hari itu tiba, malaikat akan berseru kepada mereka yang telah diberikan umur cukup panjang. Entah mereka menggunakan usia panjang tersebut untuk kebaikan dan beribadah, atau malah sebaliknya. Tapi yang jelas, waktu tidak bisa diulang dan mereka harus siap menghadapi kematian di depan mata.

"Tidak ada satu hari pun di mana matahari terbit dan terbenam melainkan malaikat maut menyeru, 'Hai orang-orang yang telah berumur 40 tahun, inilah saatnya kalian mengambil bekal selagi kalian masih berakal. Anggota-anggota tubuh kalian masih kuat perkasa.

Hai orang-orang yang telah berumur 50 tahun, telah dekat saatnya memetik dan memanen. Hai orang-orang yang telah berumur 60 tahun, kalian telah melupakan hukuman Allah dan melalaikan jawaban atas firman Allah Subhanahu wa ta'ala yang telah disebutkan dalam Surat Fatir Ayat 37."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Adapun Surat Fatir Ayat 37 berbunyi:

نُعَمِّرْكُمْ مَّا يَتَذَكَّرُ فِيْهِ مَنْ تَذَكَّرَ وَجَاۤءَكُمُ النَّذِيْرُۗ فَذُوْقُوْا فَمَا لِلظّٰلِمِيْنَ مِنْ نَّصِيْرٍ

"Dan mereka berteriak di dalam neraka itu, 'Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami (dari neraka), niscaya kami akan mengerjakan kebajikan, yang berlainan dengan yang telah kami kerjakan dahulu.' (Dikatakan kepada mereka), 'Bukankah Kami telah memanjangkan umurmu untuk dapat berpikir bagi orang yang mau berpikir, padahal telah datang kepadamu seorang pemberi peringatan? Maka rasakanlah (azab Kami), dan bagi orang-orang zalim tidak ada seorang penolong pun'."

Baca juga: Wanita Atheis Ini Tidak Percaya Isra Miraj, Dr Zakir Naik Beri Jawaban Menohok 

Mungkin dialog antara malaikat dan nabi terkesan berkutik pada tanda yang telah banyak diberikan kepada orang-orang dengan umur panjang sebelum maut menjemput. Namun, Ustadz Khalid Basalamah kembali mengingatkan bahwa kematian tidak kenal usia.

"Umumnya kata ulama, umur yang berlalu, pasti lebih panjang daripada umur yang akan datang. Karena umur yang akan datang masih tanda tanya, enggak tahu berapa lama," ujarnya.

Namun sayangnya, masih banyak manusia yang lalai dalam beribadah. Manusia seolah merasa usianya masih panjang dan masih ada kesempatan untuk memperbaiki.

Baca juga: Unik! Abu Nawas Naik Takhta Usai Jawab 3 Pertanyaan Aneh Raja, Soal Apa Saja Ya? 

Padahal, belum tentu Allah Subhanahu wa ta'ala menetapkan seorang makhluk memiliki usia panjang. Untuk itulah, Ustadz Khalid Basalamah mengajak kaum Muslimin untuk berhenti lalai dalam melakukan kebaikan maupun ibadah.

"Maka jangan lalai, seorang mukmin dan mukminah harus cerdas, dari perbuatan bermanfaat apa, ke perbuatan bermanfaat apa. Enggak ada gunanya lalai, karena tidak ada waktu, kita sedang berpacu dengan waktu," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini