Share

5 Nama Lain Malam Nisfu Syaban Lengkap dengan Arti dan Keutamaannya

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Kamis 03 Maret 2022 19:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 03 614 2555825 5-nama-lain-malam-nisfu-syaban-lengkap-dengan-arti-dan-keutamaannya-Wg9FtOOpQz.jpg Ilustrasi nama lain malam Nisfu Syaban. (Foto: Istimewa)

NAMA lain malam Nisfu Syaban ternyata banyak yang belum mengetahuinya. Nisfu Syaban menjadi salah satu malam istimewa bagi kaum Muslim karena memiliki keistimewaan.

Adapun berdasarkan penghitungan saat ini tanggal 1 Syaban 1443H bertepatan dengan hari Jumat 4 Maret 2022M. Artinya, malam Nisfu Syaban yang jatuh pada 15 Syaban atau bertepatan 17 Maret 2022 selepas magrib.

Dilansir laman Lirboyo, Kamis (3/3/2022), Imam Ghazali menyebutkan setidaknya ada lima nama mulia lain bagi malam tersebut yaitu:

Baca juga: Tata Cara Sholat Nisfu Syaban Sendiri Beserta Niat dan Hukumnyaย 

1. Lailatul Maghfirah

Malam Nisfu Syaban juga disebut sebagai lailatul maghfirah, malam penuh ampunan. Oleh karena itu, dianjurkan memperbanyak amalan sunah untuk mendapatkan rahmat dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

ุฅู† ุงู„ู„ู‡ ู„ูŠุทู„ุน ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ู†ุตู ู…ู† ุดุนุจุงู† ููŠุบูุฑ ู„ุฌู…ูŠุน ุฎู„ู‚ู‡ ุฅู„ุง ู„ู…ุดุฑูƒ ุฃูˆ ู…ุดุงุญู†

"Sesungguhnya Allah melihat pada malam pertengahan Syaban. Maka Dia mengampuni semua makhluknya, kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan." (HR Ibnu Majah dan Ath-Thabrani; dinilai sahih oleh Al Albani)

2. Lailatul Syafa'ah

Malam Nisfu Syaban disebut juga dengan lailatul syafaโ€™ah yang berarti malam penuh pertolongan. Sebagaimana dituturkan oleh Imam Ghazali dalam Mukasyafatul Qulub.

ูˆุชุณู…ู‰ ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ุดูุงุนุฉ ู„ู…ุง ุฑูˆูŠ ุฃู†ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุณุฃู„ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ุซุงู„ุซ ุนุดุฑ ุงู„ุดูุงุนุฉ ููŠ ุฃู…ุชู‡ , ูุฃุนุทุงู‡ ุงู„ุซู„ุซ , ูˆุณุฃู„ู‡ ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ุฑุงุจุน ุนุดุฑ ูุฃุนุทุงู‡ ุงู„ุซู„ุซูŠู† , ูˆุณุฃู„ู‡ ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ุฎุงู…ุณ ุนุดุฑ , ูุฃุนุทุงู‡ ุงู„ุฌู…ูŠุน ุฅู„ุง ู…ู† ุดุฑุฏ ุนู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุดุฑุงุฏ ุงู„ุจุนูŠุฑ , ูŠุนู†ูŠ ู…ู† ูุฑู‘ู…ู† ุงู„ู„ู‡ ูˆุชุจุงุนุฏ ุนู†ู‡ ุจุงู„ุฅุตุฑุงุฑ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุนุตูŠุฉ .

"Dinamai dengan โ€˜laylatusy syafaโ€™ahโ€™ karena hadis yang diriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wassallam meminta adanya syafaโ€™at pada malam 13, maka ia diberi 1/3 nya. Lalu pada malam 14 maka ia diberi 2/3 dan pada malam 15 maka ia diberi seluruhnya. Kecuali yang melarikan diri dari Allah seperti pelariannya unta."

Baca juga: Catat! Awal Bulan Syaban 1443H Jatuh pada 4 Maret 2022M, Ini Keutamaannyaย 

3. Lailatul Hayah

Malam Nisfu Syaban juga disebut lailatul hayah atau malam yang hidup. Barang siapa yang mengisi malam tersebut dengan ibadah, maka hatinya akan senantiasa hidup. Sebagaimana dituturkan dalam sebuah hadis marfuโ€™ yang diriwayatkan oleh Al-Mundziri.

โ€ู…ู† ุฃุญูŠุง ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ุนูŠุฏ , ูˆู„ูŠู„ุฉ ุงู„ู†ุตู ู…ู† ุดุนุจุงู† , ู„ู… ูŠู…ุช ู‚ู„ุจู‡ ูŠูˆู… ุชู…ูˆุช ุงู„ู‚ู„ูˆุจ โ€œ

"Barang siapa menghidupkan malam โ€˜ied dan Nisfu Syaban, maka hatinya tidak akan mati pada hari matinya banyak hati."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Lailatul Itqi

Malam Nisfu Syaban disebut juga sebagai lailatul โ€˜itqi, malam pembebasan. Seperti dalam penjelasan sebuah hadis panjang yang diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik Radhiyallahu anhu.

ูู‚ุงู„ : โ€ ูŠุง ุญู…ูŠุฑุงุก ุฃู†ุช ุชุนู„ู…ูŠู† ุฃู† ู‡ุฐู‡ ุงู„ู„ูŠู„ุฉ ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ู†ุตู ู…ู† ุดุนุจุงู† , ุฅู† ู„ู„ู‡ ุนุฒ ูˆุฌู„ ููŠ ู‡ุฐู‡ ุงู„ู„ูŠู„ุฉ ุนุชู‚ุงุก ู…ู† ุงู„ู†ุงุฑ ุจุนุฏุฏ ุดุนุฑ ุบู†ู… ุจู†ูŠ ูƒู„ุจ , ุฅู„ุง ุณุชุฉ ู†ูุฑ : ู„ุง ู…ุฏู…ู† ุฎู…ุฑ , ูˆู„ุง ุนุงู‚ ู„ูˆุงู„ุฏูŠู‡ , ูˆู„ุง ู…ุตุฑ ุนู„ู‰ ุฒู†ุง , ูˆู„ุง ู…ูŽุตุงุฑูู… , ูˆู„ุง ู…ุถุฑุจ , ูˆู„ุง ู‚ุชุงุช โ€œ

"Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda, 'Wahai Humaira ('Aisyah Radhiyallahu anha), engkau tahu bahwa sekarang adalah malam Nisfu Syaban. Sesungguhnya hak Allah malam ini adalah menganugerahkan orang-orang yang merdeka dari api neraka dengan jumlah sebanyak bulu domba Bani Kalb. Kecuali ampunan itu bukan untuk enam macam golongan: orang yang selalu meminum arak, yang durhaka kepada orangtuanya, yang selalu berbuat zina, mereka yang jahat, pemukul, dan pengadu domba'."

Baca juga: Malam Nisfu Syaban 2022 Tanggal Berapa? Simak Selengkapnyaย 

Baca juga: Angelina Sondakh Resmi Bebas, Ini Kisah Hijrahnya hingga Mantap Jadi Mualafย 

5. Lailatul Qismah

Malam Nisfu Syaban juga dikenal dengan lailatul qismah wat taqdir. Malam pembagian dan penentuan takdir.

ุฑูˆู‰ ุนุทุงุก ุจู† ูŠุณุงุฑ : ุฅุฐุง ูƒุงู†ุช ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ู†ุตู ู…ู† ุดุนุจุงู† ู†ุณุฎ ู„ู…ู„ูƒ ุงู„ู…ูˆุช ูƒู„ ู…ู† ูŠู…ูˆุช ู…ู† ุดุนุจุงู† ุฅู„ู‰ ุดุนุจุงู† , ูˆุฅู† ุงู„ุนุจุฏ ู„ูŠุบุฑุณ ุงู„ุบุฑุณ , ูˆูŠู†ูƒุญ ุงู„ุฃุฒูˆุงุฌ , ูˆูŠุจู†ูŠ ุงู„ุจู†ูŠุงู† , ูˆุฅู† ุฅุณู…ู‡ ู‚ุฏ ู†ุณุฎ ููŠ ุงู„ู…ูˆุชู‰ , ูˆู…ุง ูŠู†ุชุธุฑ ุจู‡ ู…ู„ูƒ ุงู„ู…ูˆุช ุฅู„ุง ุฃู† ูŠุคู…ุฑ ุจู‡ ููŠู‚ุจุถู‡.

"Atha bin Yasar meriwayatkan, 'Apabila telah sampai malam Nisfu Syaban maka malaikat maut diberi catatan orang yang akan mati dari bulan Syaban ke bulan Syaban selanjutnya. Sesungguhnya seorang hamba menanam pohon, menikahi istri-istrinya, membangun bangunan, sementara dia telah dicatat sebagai orang yang akan mati. Dan tidaklah malaikat maut menunggu hal itu jika sudah diperintahkan maka ia akan mencabut ruh hamba itu."

Sementara itu dikutip dari Rumaysho, terdapat hadis dari Mu'adz bin Jabal radhiyallahu โ€˜anhu, dari Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wassallam, beliau bersabda:

ูŠูŽุทู‘ูŽู„ูุนู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฅูู„ูŽู‰ ุฌูŽู…ููŠุนู ุฎูŽู„ู’ู‚ูู‡ู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŽ ุงู„ู†ู‘ูุตู’ูู ู…ูู†ู’ ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽ ููŽูŠูŽุบู’ููุฑู ู„ูุฌูŽู…ููŠุนู ุฎูŽู„ู’ู‚ูู‡ู ุฅูู„ู‘ูŽุง ู„ูู…ูุดู’ุฑููƒู ุฃูŽูˆู’ ู…ูุดูŽุงุญูู†ู

"Allah mendatangi seluruh makhluk-Nya pada malam Nisfu Syaban. Dia pun mengampuni seluruh makhluk kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan."

Baca juga: Keutamaan Puasa Sunah di Bulan Syaban, Sangat Luar Biasa Besar, Sayang jika Dilewatkanย 

Al-Mundziri dalam At-Targhib setelah menyebutkan hadis ini, beliau mengatakan, "Dikeluarkan oleh At-Thobroni dalam Al Awsath dan Ibnu Hibban dalam kitab Shahih-nya dan juga oleh Al-Baihaqi. Ibnu Majah pun mengeluarkan hadis dengan lafaz yang sama dari hadis Abu Musa Al-Asyโ€™ari. Al-Bazzar dan Al-Baihaqi mengeluarkan yang semisal dari Abu Bakr Ash-Shiddiq radhiyallahu โ€˜anhu dengan sanad yang tidak mengapa."

Demikian perkataan Al Mundziri. Penulis Tuhfatul Ahwadzi lantas mengatakan, "Pada sanad hadis Abu Musa Al-Asyโ€™ari yang dikeluarkan oleh Ibnu Majah terdapat Lahiโ€™ah dan ia adalah perawi yang dinilai dhaโ€™if."

Baca juga: Cuma Ngajak Makan Malam, Abu Nawas Bisa Sembuhkan Penyakit Temannya, Luar Biasa!ย 

Hadis lainnya lagi adalah dari โ€˜Abdullah bin โ€˜Amr radhiyallahu โ€˜anhuma, ia berkata, Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wassallam bersabda:

ูŠูŽุทู‘ูŽู„ูุนู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽุฒู‘ูŽ ูˆูŽุฌูŽู„ู‘ูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุฎูŽู„ู’ู‚ูู‡ู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŽ ุงู„ู†ู‘ูุตู’ูู ู…ูู†ู’ ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽ ููŽูŠูŽุบู’ููุฑู ู„ูุนูุจูŽุงุฏูู‡ู ุฅูู„ู‘ูŽุง ุงูุซู’ู†ูŽูŠู’ู†ู ู…ูุดูŽุงุญูู†ู ูˆูŽู‚ูŽุงุชูู„ู ู†ูŽูู’ุณู

"Allah โ€˜Azza wa Jalla mendatangi makhluk-Nya pada malam Nisfu Syaban, Allah mengampuni hamba-hamba-Nya kecuali dua orang yaitu orang yang bermusuhan dan orang yang membunuh jiwa."

Al Mundziri mengatakan, "Hadits ini dikeluarkan oleh Imam Ahmad dengan sanad yang layyin (ada perawi yang diberi penilaian negatif atau di-jarh, namun hadisnya masih dicatat)." Berarti hadits ini bermasalah.

Wallahu a'lam bishawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini