Share

Waspada! Ini Tanda-Tanda Kena Penyakit Ain dan Cara Menyembuhkannya

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Rabu 09 Maret 2022 10:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 09 616 2558620 waspada-ini-tanda-tanda-kena-penyakit-ain-dan-cara-menyembuhkannya-IloabvMOGS.jpg Ilustrasi tanda-tanda penyakit ain dan cara menyembuhkannya. (Foto: Freepik)

USTADZ Zainal Abidin mengungkap tanda-tanda terkena penyakit ain dan cara menyembuhkannya. Penyakit ain sendiri merupakan penyakit yang disebabkan pengaruh buruk pandangan mata yaitu penglihatan yang disertai rasa takjub atau bahkan iri dan dengki terhadap apa yang dipandang.

Perihal tentang nyatanya wujud penyakit ain ini telah ditegaskan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dalam salah satu hadisnya, "Ain itu nyata (haq), kalau saja ada sesuatu yang mendahului takdir, niscaya ain akan mendahuluinya." (HR Muslim)

Baca juga: Aneh! Abu Nawas Ngaku Suka Fitnah, tapi Kok Raja Malah Tertawa? 

Efek dari terkena pandangan ain ini bermacam-macam. Ada yang bisa membuat orang yang dipandang langsung sakit, celaka, atau bahkan sampai menyebabkan kematian. Lantas, apa tanda-tanda orang terkena penyakit ain dan bagaimana cara mengatasinya?

Ustadz Zainal Abidin mengatakan jantung orang yang terkena penyakit ain akan terasa lebih sering berdebar, kemudian punggungnya juga terasa kaku, lalu kepala pusing, dan tubuh terasa begitu lemah. Meski begitu, tanda-tanda tersebut juga bisa samar dengan penyakit jasmaniah.

Baca juga: Terungkap Dialog Nabi Muhammad dan Musa saat Isra Miraj, Ustadz Hanan Attaki: Rahasia Umat Manusia 

"Tetapi indikasi ini bisa sama dengan penyakit-penyakit jasmaniah, kemudian bisa pingsan, bisa mati seperti yang dialami para sahabat," kata Ustadz Zainal Abidin, dikutip dari unggahan akun Instagram @temanhijrah.ig, Rabu (9/3/2022).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Untuk mengatasinya, seseorang harus mengambil seember air yang tidak diletakkan di tanah. Kemudian berkumurlah menggunakan air tersebut dan cuci tangan dimulai dari tangan kanan, lalu dilanjutkan ke tangan kiri.

Setelah itu, usapkan juga air tersebut ke siku tangan mulai dari kanan lalu ke kiri. Terakhir, siramkan air tersebut kepada orang yang terkena penyakit ain. Demikian yang disampaikan oleh Ustadz Zainal Abidin.

Baca juga: Berbicara saat Makan, Bagaimana Hukumnya Menurut Syariat Islam? 

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Rabu 9 Maret 2022M/6 Syaban 1443H 

"Setelah itu air yang kita gunakan untuk pembasuhan tadi kita siramkan orang yang terkena pandangan mata jahat tadi, insya Allah sembuh," tandasnya.

Wallahu'alam bissawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini