Share

Hukum Anak Hasil Hubungan Seks di Luar Nikah dalam Islam, Nasabnya Ikut Siapa?

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Rabu 16 Maret 2022 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 16 330 2562492 hukum-anak-hasil-hubungan-seks-di-luar-nikah-dalam-islam-nasabnya-ikut-siapa-k8pD4s7Ze9.jpg Hukum Anak Hasil Seks di Luar Nikah dalam Islam (Foto: YouTube/Atsar Muslim)

ANAK hasil perzinahan atau seks di luar nikah telah diatur dalam hukum islam. Salah satunya terkait nasab atau garis keturunan.

Menurut Ustadz Syafiq Riza Basalamah, ketika seorang anak lahir dari seks di luar nikah, maka tidak bisa dinasabkan pada ayah biologisnya.

"Jumhur Ulama berpendapat bahwa , anak itu tidak bisa dinasabkan ke bapaknya. karena memang benih itu telah ada sebelum ikatan suami istri terjadi" ujar Ustadz Syafiq Riza Basalamah, dikutip dari YouTube Atsar Muslim, Selasa (15/3/2022).

Hukum Anak Hasil Zina

Sekalipun pasangan yang berzinah ini menikah secara islam dan sudah bertaubat, tetap saja ketentuan tersebut tidak berubah.

"Mungkin dia jadi bapak biologis itu anak, tapi secara agama dia bukan bapaknya" lanjut Ustadz Syafiq.

BACA JUGA : Hukum Hubungan Badan Pakai Kondom saat Istri Haid atau Nifas

BACA JUGA : Hukum Mempercayai USG dalam Islam

Ustadz Syafiq juga menjelaskan, anak hasil seks di luar nikah dinasabkan pada ibunya. Ketentuan ini sesuai dengan pendapat mayoritas ulama. Namun jika si wanita menikahi lelaki lain, kelak nasab anak tersebut mengikuti ayah sambungnya.

"Kalau memang ternyata perempuan ini nanti punya suami, itu anak ikut nasab suaminya, kecuali suaminya melepas diri dari itu anak. Bukan kepada bapak biologisnya" Tutur Ustadz Syafiq.

Selain itu, dalam video berbeda Ustadz Syafiq Riza Basalamah menegasakan ayah biologis dari anak hasil seks di luar nikah tidak bisa menjadi wali pernikahan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini