Share

Perkembangan Islam di Rusia: Muslim Terus Bertambah hingga Adanya Kerajaan Islam Tertua

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 23 Maret 2022 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 23 614 2566603 perkembangan-islam-di-rusia-muslim-terus-bertambah-hingga-adanya-kerajaan-islam-tertua-YekMzh71lm.jpg Ilustrasi sejarah perkembangan agama Islam di Rusia. (Foto: Shutterstock)

PERANG Rusia dan Ukraina telah meletus. Rusia benar-benar menyerang sejumlah kota di Ukraina. Hal ini menimbulkan citra betapa kejamnya perlakuan Rusia terhadap Ukraina. Namun di balik operasi militer yang dilakukan Rusia ke Ukraina, ada fakta mengejutkan berkaitan dengan peradaban Islam di Rusia.

Lantas, seperti apa jejak Islam di Rusia? Benarkah ada pesantren dan republik mayoritas Islam di Rusia? Apakah ini pertanda negara yang disebut-sebut komunis itu menuju Islam?

Baca juga: Humor Abu Nawas: Porak-porandakan Istana Raja Dibantu Lalat Kecil, Mudah Banget! 

Islam telah menjadi agama terbesar kedua di Rusia setelah Kristen Ortodoks. Jumlah kaum Muslimin yang menetap di negara beruang merah tersebut diperkirakan mencapai 25 juta dari total penduduk 145 juta orang.

Dari 182 etnis yang tersebar di Rusia, 57 etnis memeluk agama Islam. Populasi umat Islam di Rusia mulai memainkan peranan penting dalam berbagai bidang. Geliat keislaman di Rusia menunjukkan tanda-tanda yang amat menggembirakan. Sebab, organisasi keagamaan di Rusia terbilang cukup aktif.

Baca juga: Mr Bean Rowan Atkinson Masuk Islam Ucap Syahadat, Ini Faktanya 

Berkembangnya jumlah umat Islam yang meningkatkan peran mereka di Rusia saat ini tentu tidak terlepas dari sejarah masa lalu. Islam memang sudah mulai bersemi dan berkembang di Rusia sejak abad ke-7 Masehi. Di negara bekas Uni Soviet ini pernah berdiri sejumlah dinasti atau kerajaan Islam.

Dinasti Islam tertua di wilayah Rusia adalah Volga Bulgaria. Ini adalah sebuah negara pra-bangsa Bulgaria Muslim yang bersejarah. Negara Islam tersebut berdiri dari abad ke-7 hingga abad ke-13 Masehi. Salah satu kerajaan Islam yang paling lama berkuasa di Rusia adalah Khanate Crimea.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Kerajaan tersebut mulai berdiri sejak tahun 1441 Masehi. Tapi kemudian jatuh pada 1783M karena Crimea pernah berada di bawah dua kekuasaan yakni kekuasaan Tatar Crimea dan Turki Usmani.

Baca juga: Viral Pawang Hujan MotoGP Mandalika, Ini Nasihat Cerdas Ustadz Abdul Somad 

Baca juga: Kisah Hijrah Aktor Ganteng Andhika Gumilang, Nyaris Meninggal Dijemput 2 Sosok Hitam 

Di abad ke-15 hingga 16 Masehi juga pernah berdiri sebuah kerajaan Islam bernama Khanate Kazan. Dinasti Islam itu memiliki bekas wilayah Volga Bulgaria. Pemimpin dinasti Islam tersebut merupakan keturunan dari Timur yang merupakan penguasa Islam terkemuka di Asia Tengah yang juga masih cucu Genghis Khan.

Hingga kini Islam terus berkembang di negara yang dipimpin oleh Presiden Vladimir Putin tersebut. Pesantren dan aktivitas keagamaan Islam di Rusia masih terus dilakukan secara signifikan. Kerukunan antar-masyarakat pun terjaga baik.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini