Share

UAS Beri Tips Ampuh Cegah Marah Selama Ramadan, Mudah Diterapkan Lho

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 28 Maret 2022 17:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 28 616 2569235 uas-beri-tips-ampuh-cegah-marah-selama-ramadan-mudah-diterapkan-lho-rD86KcG7Az.jpg Ustadz Abdul Somad (UAS) beri tips cegah marah selama Ramadan. (Foto: Dok Instagram @ustadzabdulsomad_official)

USTADZ Abdul Somad (UAS) mengatakan manusia biasa pasti memiliki tingkat kesabaran berbeda-beda. Sebagian orang ada yang cepat marah atau tersinggung karena suatu hal. Ini harus dihindari selama bulan Ramadan agar pahala puasa tidak habis terbuang sia-sia.

UAS mengungkapkan ada tips ampuh supaya tidak cepat emosi dan sakit hati ketika menghadapi sesuatu yang dirasa menjengkelkan.

Baca juga: Humor Abu Nawas: Minta Jodoh Cantik untuk Teman Ibunya, Bisa Aja! 

Ia mengatakan, apabila seseorang secara tidak langsung menegur melalui cara lain, misalnya dengan sindiran, maka lebih baik berbicara langsung apa yang menjadi permasalahannya.

"Tapi kalau kita salah paham, tabayun," ungkapnya, seperti dikutip dari kanal YouTube Tanya Ustadz Somad, Senin (28/3/2022).

Kemudian UAS mengingatkan, sebagai umat Islam agar tidak mudah tersulut emosi atau sensitif. Lalu komunikasi yang baik dalam menyelesaikan masalah jadi salah satu hal yang penting agar tidak ada lagi kesalahanpahaman yang berujung marah.

Baca juga: Viral Mahasiswa Palestina Murka Dilarang Ajak Ibunya Wisuda: Beliau Lebih Besar dari Universitas Mana pun 

Sementara itu Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur Ustadz Asroni Al Paroya mengatakan jika perasaan marah terus diikuti dan diluapkan maka bisa jadi akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

"Akibatnya dapat merugikan diri sendiri, keluarga, orang dekat, lingkungan sekitar, bahkan orang lain yang tidak dikenal," ujarnya kepada MNC Portal beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu, lanjut dia, saat perasaan marah atau jengkel datang dianjurkan membaca doa untuk meredamnya. Bacaan ini akan menghilangkan rasa marah pada diri manusia.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Berikut doa-doa untuk menghilangkan rasa marah atau rasa jengkel:

1. Memperbanyak membaca taawudz

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk."

2. Membaca zikir

"Kedua, jika sudah mulai jengkel atau emosi sudah naik, hendaknya tenadahkan kepala ke atas langit sambil berzikir mengngingat Allah Subhanahu wa ta'ala," lanjutnya.

3. Membaca doa dengan penuh kekusyukan

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذَنْبِىْ وَاذْهِبْ غَيْظَ قَلْبِىْ وَاَجِرْنِىْ مِنَ الشَّيْطَانِ

Allohummaghfir lii dzambii wadzhib ghoidzho qolbii wa ajirnii minasy syaithooni

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku, hilangkanlah kemarahan hatiku dan selamatkanlah aku dari kejahatan setan."

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini