Share

Bikin Merinding! Ustadz Abdul Somad Ungkap Keistimewaan Luar Biasa Baca Surat Yasin saat Ramadan

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 31 Maret 2022 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 31 330 2570792 bikin-merinding-ustadz-abdul-somad-ungkap-keistimewaan-luar-biasa-baca-surat-yasin-saat-ramadan-wUZ58Ms9Bg.jpg Ustadz Abdul Somad ungkap keistimewaan luar biasa besar membaca Surat Yasin selama Ramadan. (Foto: Dok Instagram)

BULAN Ramadan 1443 Hijriah/2022 Masehi tinggal menghitung hari. Ustadz Abdul Somad (UAS) pun mengungkapkan keistimewaan yang terdapat di dalamnya. Salah satunya bisa diraih dengan membaca Surat Yasin.

"Kata Imam Abdul Fida Ismail Ibnu Kasir, ada perkara yang sulit dan payah maka dimudahkan Allah, 'Ya Allah, aku bertawasul kepada Engkau dengan kemuliaan Surat Yasin ini. Maka mudahkanlah itu di antara kemulian Surat Yasin'," ungkap Ustadz Abdul Somad dalam tayangan di kanal YouTube 1001 Sahabat Muslim.

Baca juga: 11 Negara dengan Waktu Puasa Tercepat, Indonesia Termasuk? 

Surat Yasin sendiri banyak memuat ayat-ayat yang mengingatkan tentang akhirat. Setiap ayat tentunya memiliki pesan tersendiri. Misalnya, Surah Yasin Ayat 32 yang berbunyi:

وَاِنْ كُلٌّ لَّمَّا جَمِيْعٌ لَّدَيْنَا مُحْضَرُوْنَ

"Dan setiap (umat), semuanya akan dihadapkan kepada Kami."

Menurut Ustadz Abdul Somad, semua orang akan kembali kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dengan apa yang telah mereka perbuat. Jika berbuat baik maka akan mendapat kebaikan. Jika sebaliknya pun akan mendapat ganjaran setimpal.

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam pernah berkata kepada para pegawai pencatat zakat, "Maka kalian yang curang menghitung kambing, kalian akan memikul kambing di tengkuk kalian. Yang curang menghitung sapi, akan memikul sapi di pundak kalian."

Baca juga: Humor Abu Nawas: Bikin Ribut di Tengah Pasar Malah Dapat Hadiah dari Raja, Enak Banget! 

Selain itu, ada pula ayat-ayat yang mengingatkan umat Islam bahwa akhirat memang nyata adanya. Dalam salah satu ayat Surat Yasin dikisahkan kaum kafir seolah menantang hari kebangkitan.

وَيَقُوْلُوْنَ مَتٰى هٰذَا الْوَعْدُ اِنْ كُنْتُمْ صٰدِقِيْنَ

"Dan mereka (orang-orang kafir) berkata, 'Kapan janji (hari berbangkit) itu (terjadi) jika kamu orang yang benar?'." (QS Yasin: 48)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dengan demikian, kisah ayat ini pun dijawab dengan beberapa ayat lain:

مَا يَنْظُرُوْنَ اِلَّا صَيْحَةً وَّاحِدَةً تَأْخُذُهُمْ وَهُمْ يَخِصِّمُوْنَ

"Mereka hanya menunggu satu teriakan, yang akan membinasakan mereka ketika mereka sedang bertengkar." (QS Yasin: 49)

فَلَا يَسْتَطِيْعُوْنَ تَوْصِيَةً وَّلَآ اِلٰٓى اَهْلِهِمْ يَرْجِعُوْنَ

"Sehingga mereka tidak mampu membuat suatu wasiat dan mereka (juga) tidak dapat kembali kepada keluarganya." (QS Yasin: 50)

Baca juga: Surat Yasin Ayat 1-83, Ini Keistimewaan Membacanya, Buka di Alquran Digital Okezone 

Ustadz Abdul Somad menjelaskan tentang cepatnya kematian. Sekali malaikat berteriak, nyawa seseorang bisa langsung tercabut.

Saking cepatnya nyawa seseorang tercabut, sampai-sampai mereka bahkan tidak sempat lagi meninggalkan wasiat. Jangan sampai menjadi orang yang merugi lantaran tidak mempersiapkan apa-apa selagi masih hidup.

Marilah manfaatkan momen bulan Ramadan untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, salah satunya dengan membaca Surat Yasin. Menurut salah satu riwayat, ada waktu tertentu yang dianjurkan melantunkan surat tersebut.

Baca juga: Surat Ar-Rahman Ayat 1-78 Lengkap Terjemahan Bahasa Indonesia hingga Keutamaannya 

قعَنِ الْحَسَنِ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "مَنْ قَرَأَ يس فِي لَيْلَةٍ أَصْبَحَ مَغْفُورًا لَهُ. وَمَنْ قَرَأَ: "حم" الَّتِي فِيهَا الدُّخَانُ أَصْبَحَ مَغْفُورًا لَهُ"

"Dari Al Hasan yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Abu Hurairah radhiyallahu anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah bersabda: 'Barang siapa yang membaca Surat Yasin di malam hari, pada keesokan harinya ia diampuni. Dan barang siapa yang membaca Ha Mim yang di dalamnya disebutkan Dukhan (Surat Ad-Dukhan), pada pagi harinya diampuni."

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini